Tugas 3: RESEARCH IN ELT
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat.
1.
Buatlah pertanyaan penelitian pembelajaran bahasa Inggris berdasarkan
desain penelitian yang ditentukan.
a) Classroom
action research: ......................................................
JAWAB:
1) Mengapa siswa
sulit menuangkan ide dalam menulis karangan bebas (free writing)?
2) Apakah
pembelajaran writing dengan panduan menjawab pertanyaan dapat meningkatkan
kemampuan menulis siswa?
b) Kuasi
experimen: ..................................................................
JAWAB:
1) Apakah
presentasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa?
2) Apakah yang
menjadi kendala siswa dalam menyampaikan presentasi?
3) Manakah yang
lebih efektif dalam pembelajaran speaking antara tugas dalam bentuk presentasi
dan tugas role play?
c) Studi kasus:
........................................................................
JAWAB:
Pokok masalah:
Ketidak mampuan guru dalam berbahasa inggris dianggap salah satu faktor
penyebab gagalnya pembelajaran bahasa inggris yang berakibat pada rendahnya
kemampuan siswa dalam mempraktekkan bahasa inggris di kabupaten X.
1) Apakah
pernyataan tersebut benar? Atau adakah faktor lain yang menjadi penyebab
kegagalan pembelajaran bahasa Inggris?
2) Berapa persen
guru bahasa Inggris di kabupaten X yang telah memenuhi kualifikasi sabagai guru
bahasa inggris; (latar belakang pendidikan sesuai dengan disiplin ilmu yang
diajarkannya)?
3) Berapa persen
guru bahasa Inggris di kabupaten X yang tidak dapat berbahasa Inggris dengan
baik dan benar?
4) Adakah
perbedaan hasil pencapaian siswa yang diajar oleh guru yang mampu berbahasa
inggris dengan aktif dengan siswa yang diajar oleh guru yang berbahasa inggris
dengan pasif?
2.
Pak Banu seorang guru bahasa Inggris ingin melihat pengaruh jenis dan
frekuensi pertanyaan yang diajukan guru ketika proses pembelajaran terhadap
kemampuan siswa menjawab pertanyaan.
a) Jelaskan
rancangan penelitian apa yang tepat untuk dilakukan oleh Pak Banu?
Penelitian Tindakan Kelas
b) Sebutkan
langkah-langkah yang harus dilakukan sesuai dengan jenis penelitian ditentukan.
Penetapan fokus
permasalahan- REFLEKSI AWAL
SIKLUS-1
1.
Perencanaan tindakan.
2.
Pelaksanaan tindakan.
3.
Observasi dan inerpretasi.
4.
Analisis dan refleksi.
SIKLUS-2
1.
Perencanaan tindakan lanjutan.
2.
Pelaksanaan tindakan.
3.
Observasi dan inerpretasi.
4.
Analisis dan refleksi.
SIKLUS-3 dan
seterusnya.....
No comments:
Post a Comment