Tugas 1: RESEARCH IN ELT
Jawablah pertanyaan berikut.
1. Susunlah rumusan masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris yang dapat
dicari pemecahaanya dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK)
JAWAB:
Rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah:
apakah dengan menggunakan media pembelajaran berupa gambar tokoh kartun dapat
meningkatkan keterampilan mendeskripsikan ciri-ciri seseorang (one’s
appearance) dengan bahasa lisan pada siswa kelas VII MtsI Ampel Sumberrejo?
2.
Tuliskan judul penelitian berdasarkan permasalahan yang Anda buat dalam
pembelajaran Bahasa Inggris.
JAWAB:
PENINGKATAN
KETERAMPILAN MENDESKRIPSIKAN CIRI-CIRI SESORANG (ONE’S APPEARANCE) DENGAN BAHASA
LISAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TOKOH KARTUN PADA SISWA KELAS VII MtsI AMPEL
SUMBERREJO.
3.
Sebutkan tujuan dan manfaat penelitian yang akan dilakukan
JAWAB:
Tujuan penelitian:
a.
Mengungkapkan suatu model pembelajaran serta media pembelajaran yang dapat
meningkatkan keterampilan siswa kelas VII MtsI Ampel Sumberrejo dalam
mendeskripsikan ciri-ciri seseorang dengan bahasa lisan.
b.
Mengungkap suatu pendekatan atau model pembelajaran serta media yang dapat
meningkatkan aktivitas siswa kelas VII MtsI Ampel Sumberrejo dalam kegiatan
kelas.
c.
Mengetahui hambatan atau kendala dalam menyajikan materi deskriptif.
Manfaat penelitian:
a.
Bagi siswa
Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi siswa dalam pembelajaran, sehingga
siswa lebih termotivasi dalam belajar bahasa Inggris, khususnya dalam aspek
berbicara (speaking). Dengan menggunakan media gambar tokoh kartun yang
familiar diharapkan dapat menumbuhkan minat siswa dalam pelajaran bahasa
inggris. Dengan demikian, siswa dapat menyukai kegiatan berbicara (speaking).
b.
Bagi guru
Penelitian ini dapat
memberikan manfaat bagi guru, yakni dapat memberikan pengalaman dan wawasan
bagi guru bahwa dalam membelajarkan bahasa inggris pada aspek berbicara dengan
melibatkan hal-hal yang menarik dan disukai siswa akan lebih mudah penyampaiannya. Dengan demikian
siswa dapat termotivasi dalam belajar dan akan berakibat pada pencapaian prestasi belajar yang maksimal sesuai
harapan.
c.
Bagi sekolah
Penilitian
tindakan ini dilakukan sebagai tolok ukur dalam peningkatan dan perbaikan mutu
pembelajaran si sekolah.
4.
Tentukan jenis tindakan apa yang perlu dilakukan agar dapat memperbaiki
atau mengatasi permasalahan tersebut
JAWAB: Penelitian
ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research)
dengan peningkatan pada unsur desain untuk memungkinkan diperolehnya gambaran
kefektifan tindakan yang dilakukan.
5.Buatlah skenario penelitian
tindakan kelas yang akan dilakukan berdasarkan permasalahan yang Anda rumuskan
JAWAB:
d. Perencanaan Awal
a)
Merasakan adanya masalah.
b)
Analisis masalah
c)
Perumusan masalah
e. Perencanaan Tindakan
a)
Membuat skenario pembelajaran.
b)
Mempersiapkan fasilitas dan sarana pendukung
yang diperlukan di kelas.
c)
Mempersiapkan instrument untuk
merekam dan menganalisis data mengenai
proses dan hasil tindakan.
d)
Melaksanakan simulasi
pelaksanaan tindakan perbaikan untuk menguji keterlaksanaan rancangan.
f.
Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan tindakan yang meliputi siapa yang melakukan apa,
kapan, di mana, dan bagaimana melakukannya. Skenario tindakan yang telah
direncakanan, dilaksanakan dalam situasi yang aktual. Pada saat yang bersamaan
kegiatan ini juga disertai dengan kegiatan observasi dan interpretasi serta
diikuti dengan kegiatan refleksi.
g. Observasi
Pada bagian pengamatan, dilakukan perekaman data yang
meliputi proses dan hasil dari pelaksanan kegiatan. Tujuan dilakukannya
pengamatan adalah untuk mengumpulkan bukti hasil tindakan agar dapat dievaluasi
dan dijadikan landasan dalam melakukan refleksi.
h. Refleksi
Pada bagian refleksi dilkukan analisis data mengenai proses,
masalah, dan hambatan yang dijumpai dan dilanjutkan dengan refleksi terhadap
dampak pelaksanaan tindakan yang dilaksanakan.
No comments:
Post a Comment