Tuesday, February 16, 2016

Tugas 1: RESEARCH IN ELT



Tugas 1: RESEARCH IN ELT
Jawablah pertanyaan berikut.
1.      Susunlah rumusan masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris yang dapat dicari pemecahaanya dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK)
JAWAB:
Rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah: apakah dengan menggunakan media pembelajaran berupa gambar tokoh kartun dapat meningkatkan keterampilan mendeskripsikan ciri-ciri seseorang (one’s appearance) dengan bahasa lisan pada siswa kelas VII MtsI Ampel Sumberrejo?

2.      Tuliskan judul penelitian berdasarkan permasalahan yang Anda buat dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
JAWAB:
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSIKAN CIRI-CIRI SESORANG (ONE’S APPEARANCE) DENGAN BAHASA LISAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TOKOH KARTUN PADA SISWA KELAS VII MtsI AMPEL SUMBERREJO.

3.      Sebutkan tujuan dan manfaat penelitian yang akan dilakukan
JAWAB:
Tujuan penelitian:
a.                          Mengungkapkan suatu model pembelajaran serta media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VII MtsI Ampel Sumberrejo dalam mendeskripsikan ciri-ciri seseorang dengan bahasa lisan.
b.                          Mengungkap suatu pendekatan atau model pembelajaran serta media yang dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VII MtsI Ampel Sumberrejo dalam kegiatan kelas.
c.                           Mengetahui hambatan atau kendala dalam menyajikan materi deskriptif.
Manfaat penelitian:
a.                          Bagi siswa
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa lebih termotivasi dalam belajar bahasa Inggris, khususnya dalam aspek berbicara (speaking). Dengan menggunakan media gambar tokoh kartun yang familiar diharapkan dapat menumbuhkan minat siswa dalam pelajaran bahasa inggris. Dengan demikian, siswa dapat menyukai kegiatan berbicara (speaking).
b.                         Bagi guru
Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi guru, yakni dapat memberikan pengalaman dan wawasan bagi guru bahwa dalam membelajarkan bahasa inggris pada aspek berbicara dengan melibatkan hal-hal yang menarik dan disukai siswa akan  lebih mudah penyampaiannya. Dengan demikian siswa dapat termotivasi dalam belajar dan akan berakibat pada pencapaian  prestasi belajar yang maksimal sesuai harapan.
c.                          Bagi sekolah
Penilitian tindakan ini dilakukan sebagai tolok ukur dalam peningkatan dan perbaikan mutu pembelajaran si sekolah.

4.      Tentukan jenis tindakan apa yang perlu dilakukan agar dapat memperbaiki atau mengatasi permasalahan tersebut
JAWAB: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan peningkatan pada unsur desain untuk memungkinkan diperolehnya gambaran kefektifan tindakan yang dilakukan.
5.Buatlah skenario penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan berdasarkan permasalahan yang Anda rumuskan
JAWAB:
d.      Perencanaan Awal
a)     Merasakan adanya masalah.
b)     Analisis masalah
c)      Perumusan masalah
e.      Perencanaan Tindakan
a)     Membuat skenario pembelajaran.
b)      Mempersiapkan fasilitas dan sarana pendukung yang diperlukan di kelas.
c)      Mempersiapkan instrument untuk merekam dan menganalisis data mengenai proses dan hasil tindakan.
d)     Melaksanakan simulasi pelaksanaan tindakan perbaikan untuk menguji keterlaksanaan rancangan.
f.        Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan tindakan yang meliputi siapa yang melakukan apa, kapan, di mana, dan bagaimana melakukannya. Skenario tindakan yang telah direncakanan, dilaksanakan dalam situasi yang aktual. Pada saat yang bersamaan kegiatan ini juga disertai dengan kegiatan observasi dan interpretasi serta diikuti dengan kegiatan refleksi.
g.      Observasi
Pada bagian pengamatan, dilakukan perekaman data yang meliputi proses dan hasil dari pelaksanan kegiatan. Tujuan dilakukannya pengamatan adalah untuk mengumpulkan bukti hasil tindakan agar dapat dievaluasi dan dijadikan landasan dalam melakukan refleksi.
h.     Refleksi
Pada bagian refleksi dilkukan analisis data mengenai proses, masalah, dan hambatan yang dijumpai dan dilanjutkan dengan refleksi terhadap dampak pelaksanaan tindakan yang dilaksanakan.


No comments:

Post a Comment