Tugas 1. Profesi Keguruan
Kerjakanlah Soal berikut di bawah
ini
- Jelaskan mengapa seorang guru harus memiliki berbagai (delapan) ketrampilan mengajar?
Ketrampilan mengajar adalah ketrampilan yang
bersifat mendasar/umum yang harus dikuasai oleh setiap guru yang merupakan sosok yang
digugu dan ditiru.Program kelas tidak akan berarti jika tidak diwujudkan
menjadi kegiatan. Untuk itu peranan guru sangat menentukan karena kedudukannya sebagai
pemimpin pendidikan diantara murid-murid di kelas . Secara luas guru berarti orang yang
bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang ikut bertanggung jawab
dalam membantu anak-anak untuk mencapai kedewasaan masing-masing dalam berpikir
dan bertindak. Guru dalam pengertian tersebut bukan sekedar orang yang berdiri di
depan kelas untuk menyampaikan materi pengetahuan tertentu, akan tetapi adalah anggota
masyarakat yang harus ikut aktif serta kreatif dalam mengarahkan perkembangan anak didik nya menuju
sebuah cita-cita luhur mereka. Kegiatan belajar
mengacu kepada hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan siswa dalam
mempelajari bahan yang disampaikan guru, dengan demikian guru harus mempunyai
berbagai keterampilan sebagai dasar atau modal utama dalam mengajar atau proses
pembelajaran karena dengan adanya
keterampilan tersebut guru dapat melakukan tugas utamanya dalam mencerdaskan
anak bangsa. Sehingga tujuan dari pendidikan itu sendiri dapat terwujud secara
signifikan apabila tenaga pengajar (guru) memiliki keterampilan, kompetensi,
dan professional. Untuk mencapai hal tersebut diatas maka dibutuhkan
ketrampilan-ketrampilan dasar seorang guru dalam mengajar. Delapan (8) keterampilan yang dapat
digunakan guru selama proses belajar mengajar yaitu; keterampilan bertanya,
keterampilan memberikan penguatan, keterampilan mengadakan variasi,
keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran,
ketrampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas,
ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan.
2. Jelaskan dari
ketrampilan mengajar yang harus dikuasai tersebut, ketrampilan mana yang Anda
rasakan belum Anda kuasai dan mengapa?
1.
keterampilan bertanya, merupakan pemberian stimulus terhadap siswa
efektif yang mendorong kemampuan siswa untuk berfikir.
2.
keterampilan memberikan
penguatan, merupakan tingkahlaku guru
dalam merespon tindakan positif siswa seperti memberikan pujian, hadiah atau
dalam bentuk respon lainnya.
3.
keterampilan mengadakan
variasi, yaitu menggunakan variasi atau melakukan perubahan
dalam proses pembelajaran seperti menggunakan variasi metode belajar,
penggunaan media belajar dan lainlain, yang bertujuan untuk meningkatkan
motivasi siswa dan mengatasi kejenuhan siswa terhadap situasi belajar yang
monotone.
4.
keterampilan menjelaskan, yaitu kemampuan dalam menyajikan informasi secara
sistematis dan jelas untuk disampaikan kepada siswa dengan tujuan untuk membuat
siswa faham terhadap materi yang di ajarkan.
5.
keterampilan membuka dan
menutup pelajaran, Kegiatan
pembukaan dilakukan guru untuk menciptakan suasana yang dapat menimbulkan
kesiapan mental siswa agar termotivasi terhadap pelajaran yang akan diberikan
guru. Sedangkan kegiatan penutup adalah kegiatan terakhir
yang dilakukan guru untuk mengakhiri kegiatan inti pelajaran, dalam ketrampilan ini guru menyajikan gambaran
secara singkat tentang apa yang telah dipelajari dikelas tersebut.
6.
ketrampilan membimbing diskusi
kelompok kecil, yaitu kemampuan guru
dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang terdiri dari 3-9 siswa secara tatap
muka dan berlangsung secara informal.
7.
keterampilan mengelola kelas, Ketrampilan ini harus dimiliki guru dalam
rangka menciptakan dan mempertahankan situasi kelas yang kondusif dan menyenangkan,
sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.
8.
ketrampilan mengajar kelompok
kecil dan perseorangan, yaitu
keterampilan guru dalam mengelola diskusi tatap muka agar terjadi interaksi
yang kooperatif terhadap sesama siswa.
ketrampilan
mana yang Anda rasakan belum Anda kuasai dan mengapa?
Keterampilan membuka dan menutup pelajaran, menurut
pengalaman saya, keterampilan membuka dan menutup pelajaran masih sangat kurang
dalam diri saya. Terkadang saya melupakan unsur-unsur kecil tapi penting dalam
melakukan ketrampilan tersebut. Seperti halnya dalam membuka kelas, terkadang saya
lupa untuk mereview ulang kegiatan pelajaran sebelumnya. Selain itu setelah
membuka kelas saya terkadang langsung menanyakan tugas atau PR sehingga siswa
langsung tegang dan gugup. Dalam menutup kelas saya sering lupa untuk
memberikan kesimpulan terhadap pelajaran yang telah saya ajarkan pada hari itu.
- Pelaksanaan proses pembelajaran yang baik dan berhasil, tidak terlepas dari perencanaan yang dibuat olehseorang guru. Buat / susunlah sebuah perencanaan pembelajaran untuk salah satu pelajaran yang Anda ajarkan, yang menurut Anda sudah cukup baik !(mengacu pada cara membuat RP yang telah ditentukan) dan berikan alasannya?
Berikut adalah
salah satu contoh RPP yang sudah cukup baik karena telah sesuai dengan pedoman
penyusunan RPP sesuai dengan aturan permendikbud tahun 2014.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN
PENDIDIKAN : MtsI AMPEL
Banjarjo
KELAS/ : VII/2
MATA PELAJARAN :
BAHASA INGRRIS
TEMA/SUB TEMA :
Describing People/Appearance and Personalities
PERTEMUAN KE :
2
ALOKASI
WAKTU :1 X 40 Menit
A. KOMPETENSI INTI
KI 1:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai
B. KOMPETENSI DASAR
:
KD 1: Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional
KD 2:
2.2. Menghargai
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
2.3. Menghargai
perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
KD 3
3.7. Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan dari teks lisan dan tulis
untuk penyebutan sifat orang, binatang, dan benda
KD 4
4.7. Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyebutkan sifat orang, binatang, dan benda, dengan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C. INDIKATOR
PEMBELAJARAN
KD 3:
1.
Menemutunjukkan sifat orang berupa ciri fisik dan kepribadiannya dalam sebuah
teks melalui kegiatan mendengarkan dengan teliti.
2.
Mempolakan bentuk kalimat nominal dan verbal untuk menanya dan merespon cirri
fisik dan sifat orang secara bertanggungjawab.
3.
Mengungkapkan dan merespon pertanyaan tentang ciri fisik dan sifat orang dengan
santun.
KD 4:
1.
Menjelaskan ciri fisik dan sifat orang menggunakan Simple Present to be (is,
am, are) secara lisan dan tulisan dengan percaya diri.
2.
Menyusun teks tertulis untuk menggambarkan sifat salah satu anggota keluarga
atau teman dengan jujur dan bertanggung jawab.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Setelah
melakukan proses kegiatan belajar diharapkan siswa dapat:
1.
Menentukan sifat orang berupa ciri fisik dan kepribadiannya dalam sebuah teks
melalui kegiatan mendengarkan dengan teliti.
2.
Mempolakan bentuk kalimat nominal dan verbal untuk menanya dan merespon ciri
fisik dan sifat orang secara bertanggungjawab.
3.
Mengungkapkan dan merespon pertanyaan tentang ciri fisik dan sifat orang dengan
santun.
4.
Menjelaskan ciri fisik dan sifat orang menggunakan Simple Present to be (is,
am, are) secara lisan dan tulisan dengan percaya diri.
5.
Menyusun teks tertulis untuk menggambarkan ciri fisik dan sifat positif salah
satu anggota keluarga atau teman dengan jujur dan bertanggungjawab.
E. MATERI AJAR
1.
Tema :
Describing people/ appearances and personalities
2.
Percakapan antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa
3. Focus skill
: writing
Tujuan (Fungsi) Komunikasi
|
Ungkapan (Language Expressions)
|
Konteks Pemakaian (The Use)
|
Describing people
|
What’s … like?
He/she is nice.
Vocabulary:
Adjectives about appearance and personalities, such as: young, old,
short, tall, cheerful, naughty, generous, etc.
|
Percakapan sehari – hari dengan guru dan siswa lain.
Penulisan artikel majalah seperti Up Close and Personal.
|
Materi video Midas (Mythology) – Animated Tutorial King Midas, flv yang diunduh
dari www.youtube.com
F. METODE
PEMBELAJARAN/TEKNIK
Metode : Cooperative Learning
Teknik : Think-Group-Share, Tanya Jawab
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Langkah –
langkah kegiatan:
a. Kegiatan pendahuluan (5 menit)
a. Kegiatan pendahuluan (5 menit)
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
||
1
|
Guru memberi salam kepada siswa dan menanyakan
kabar siswa
Guru meminta ketua kelas memimpin doa
|
Siswa membalas salam dan menjawab pertanyaan
guru
Siswa berdoa bersama dipimpin ketua kelas
|
1’
|
2
|
Guru mengajak siswa mengucapkan yel kelas
bahasa Inggris: I love English, yes, yes, yes!
|
Siswa mengucapkan yel
|
1’
|
3
|
Guru bertanya kepada siswa topik pelajaran yang
lalu
|
Siswa menjawab dengan mengangkat tangan
|
2’
|
4
|
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
|
Siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru
|
1’
|
b. kegiatan inti (2 menit)
No
|
Kegiatan
|
No.
Tujuan
|
Waktu
|
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
|||
1
|
Explorasi:
a.
Guru menunjukkan 4 gambar yang merepresentasikan 4 kata kunci (king,
greedy, touch, gold) melalui slide bergambar dan meminta siswa menebak
kata tentang gambar.
b.
Guru memastikan siswa mengerti makna keempat kata tersebut dengan menanyakan:
Any words that you don’t know the meaning?
c.
Guru menyampaikan bahwa hari ini siswa akan melihat video pendek dan lalu
meminta mereka menebak video itu tentang apa melalui empat kata kunci
tersebut.
|
Siswa menebak kata kunci yang diberikan guru.
Siswa menjawab pertanyaan guru.
Siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru.
|
4
4
4
|
5’
|
2
|
Elaborasi:
a.
Guru memutarkan video dan meminta siswa berdiskusi dalam kelompok yang
terdiri dari 4 orang untuk menjawab pertanyaan dengan kalimat lengkap.
-
Who is the main character?
-
How does he look like?
b.
Guru meminta setiap kelompok untuk menunjuk satu juru bicara yang akan
melaporkan hasil diskusi kelompoknya.
c.
Guru menunjuk wakil setiap kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya.
d.
Guru menunjukkan contoh teks artikel “Up Close and Personal” yang
menggambarkan sifat dan penampilan orang melalui slide dan meminta siswa
mengucapkan kalimat demi kalimat bersama – sama (unison)
e.
Guru bertanya kepada beberapa siswa secara acak tentang penampilan dan sifat
dari ayah atau ibu mereka.
-
How about your mom?
-
What is she like?/How does she look like?
-
What about her personalities?
|
Siswa mengamati video tersebut dan bekerja dalam kelompok,untuk
mendiskusikan jawaban pertanyaan tersebut. Mereka menuliskan hasil diskusi di
kertas yang disediakan.
Siswa menunjuk juru bicara kelompok.
Siswa yang menjadi juru bicara melaporkan hasil diskusi kepada seluruh
siswa lainnya.
Siswa mengucapkan kalimat – kalimat tersebut dengan nyaring bersama –
sama.
Siswa yang ditunjuk menjawab pertanyaan guru. Siswa yang lain menyimak.
|
4
4
4
4,5
|
10’
|
3
|
Konfirmasi
a.
Guru meminta siswa menggambar sketsa dan menulis sebuah paragraf pendek (8 –
10 kalimat) berbentuk artikel Up Close and Personal yang menggambarkan
tentang ayah, ibu, kakak, adik, atau teman. Namun, guru perlu mengarahkan
bahwa ketika mendeskripsikan seseorang, siswa perlu bersikap jujur dan
bertanggungjawab bukan untuk tujuan merendahkan orang tersebut.
Artikel tersebut akan dipajang di mading sekolah.
b.
Sebelum mulai mengerjakan, Guru memberi kesempatan siswa bertanya bila mereka
masih tidak mengerti tugas yang diberikan.
c.
Guru berkeliling untuk memonitor pekerjaan siswa dan membantu bila ada yang
kesulitan serta melakukan pengamatan untuk penilaian sikap.
|
Siswa menyimak penjelasan yang diberikan guru.
Siswa yang tidak mengerti bertanya kepada guru.
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
|
4,5
4,5
5
|
15’
|
c. Kegiatan penutup (5 menit)
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
||
1
|
Guru
meminta siswa secara acak untuk menyimpulkan pelajaran apa yang mereka
dapatkan hari ini.
|
Siswa
menyimpulkan pelajaran yang mereka dapatkan hari ini.
|
3’
|
2
|
Guru
memberikan PR berupa LKS
|
Siswa
menerima LKS dan menuliskan PRnya di agenda.
|
2’
|
H. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Media
: Multi
media
Alat/Bahan
: jobstick, LCD, laptop, slides power point, LKS, timer, speaker aktif
Sumber
Belajar : Buku Guru Bahasa Inggris: When English Rings
The Bell, halaman 132 – 133, 139
Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas VII: When English Rings The Bell, halaman
128 – 129
Connect Work Book, Jack C. Richards, Carlos Barbisan with Chuck Sandy,
Cambridge University press, halaman 27
Internet www.youtube.com
I. PENILAIAN
Jenis: Tulis
Bentuk: Produk karangan
Instrumen: Membuat karangan teks
pendek terdiri dari 8 - 10 kalimat berbentuk artikel ‘Up Close and Personal’
Pedoman Penskoran (Rubrics) Untuk Artikel Up-Close-and Personal
Rubrik : terlampir
1. Pedoman
Penskoran rubrik: Total poin X 100%
20
Pedoman Penskoran (Rubrics) Untuk
Artikel Up-Close-and Personal
1.
Pedoman penskoran rubrik
Penilaian Sikap: Total poin X 100%
70
Mengetahui
Bojonegoro,
23 September 2015
Kepala
MtsI AMPEL Banjarjo Guru Mata Pelajaran
Pujiono
S.Ag Nur
Kholif
No comments:
Post a Comment