Wednesday, February 17, 2016

Tugas 1. Profesi Keguruan



Tugas 1. Profesi Keguruan

Kerjakanlah Soal berikut di bawah ini
  1. Jelaskan mengapa seorang guru harus memiliki berbagai (delapan) ketrampilan mengajar?
Ketrampilan mengajar adalah ketrampilan yang bersifat mendasar/umum yang harus dikuasai oleh setiap guru yang merupakan sosok yang digugu dan ditiru.Program kelas tidak akan berarti jika tidak diwujudkan menjadi kegiatan. Untuk itu peranan guru sangat menentukan karena kedudukannya sebagai pemimpin pendidikan diantara murid-murid di kelas . Secara luas guru berarti orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang ikut bertanggung jawab dalam membantu anak-anak untuk mencapai kedewasaan masing-masing dalam berpikir dan bertindak. Guru dalam pengertian tersebut bukan sekedar orang yang berdiri di depan kelas untuk menyampaikan materi pengetahuan tertentu, akan tetapi adalah anggota masyarakat yang harus ikut aktif serta kreatif dalam mengarahkan perkembangan anak didik nya menuju sebuah cita-cita luhur mereka. Kegiatan belajar  mengacu kepada hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan siswa dalam mempelajari bahan yang disampaikan guru, dengan demikian guru harus mempunyai berbagai keterampilan sebagai dasar atau modal utama dalam mengajar atau proses pembelajaran  karena dengan adanya keterampilan tersebut guru dapat melakukan tugas utamanya dalam mencerdaskan anak bangsa. Sehingga tujuan dari pendidikan itu sendiri dapat terwujud secara signifikan apabila tenaga pengajar (guru) memiliki keterampilan, kompetensi, dan professional. Untuk mencapai hal tersebut diatas maka dibutuhkan ketrampilan-ketrampilan dasar seorang guru dalam mengajar. Delapan (8) keterampilan yang dapat digunakan guru selama proses belajar mengajar yaitu; keterampilan bertanya, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, ketrampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan.
2.      Jelaskan dari ketrampilan mengajar yang harus dikuasai tersebut, ketrampilan mana yang Anda rasakan belum Anda kuasai dan mengapa?
1.       keterampilan bertanya, merupakan pemberian stimulus terhadap siswa efektif yang mendorong kemampuan siswa untuk berfikir.
2.       keterampilan memberikan penguatan, merupakan tingkahlaku guru dalam merespon tindakan positif siswa seperti memberikan pujian, hadiah atau dalam bentuk respon lainnya.
3.       keterampilan mengadakan variasi, yaitu menggunakan variasi atau melakukan perubahan dalam proses pembelajaran seperti menggunakan variasi metode belajar, penggunaan media belajar dan lainlain, yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dan mengatasi kejenuhan siswa terhadap situasi belajar yang monotone.
4.       keterampilan menjelaskan, yaitu kemampuan dalam menyajikan informasi secara sistematis dan jelas untuk disampaikan kepada siswa dengan tujuan untuk membuat siswa faham terhadap materi yang di ajarkan.
5.       keterampilan membuka dan menutup pelajaran, Kegiatan pembukaan dilakukan guru untuk menciptakan suasana yang dapat menimbulkan kesiapan mental siswa agar termotivasi terhadap pelajaran yang akan diberikan guru. Sedangkan kegiatan penutup adalah kegiatan terakhir yang dilakukan guru untuk mengakhiri kegiatan inti pelajaran, dalam ketrampilan ini guru menyajikan gambaran secara singkat tentang apa yang telah dipelajari dikelas tersebut.
6.       ketrampilan membimbing diskusi kelompok kecil, yaitu kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang terdiri dari 3-9 siswa secara tatap muka dan berlangsung secara informal.
7.       keterampilan mengelola kelas, Ketrampilan ini harus dimiliki guru dalam rangka menciptakan dan mempertahankan situasi kelas yang kondusif dan menyenangkan, sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.
8.       ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, yaitu keterampilan guru dalam mengelola diskusi tatap muka agar terjadi interaksi yang kooperatif terhadap sesama siswa.
ketrampilan mana yang Anda rasakan belum Anda kuasai dan mengapa?
Keterampilan membuka dan menutup pelajaran, menurut pengalaman saya, keterampilan membuka dan menutup pelajaran masih sangat kurang dalam diri saya. Terkadang saya melupakan unsur-unsur kecil tapi penting dalam melakukan ketrampilan tersebut. Seperti halnya dalam membuka kelas, terkadang saya lupa untuk mereview ulang kegiatan pelajaran sebelumnya. Selain itu setelah membuka kelas saya terkadang langsung menanyakan tugas atau PR sehingga siswa langsung tegang dan gugup. Dalam menutup kelas saya sering lupa untuk memberikan kesimpulan terhadap pelajaran yang telah saya ajarkan pada hari itu.
  1. Pelaksanaan proses pembelajaran yang baik dan berhasil, tidak terlepas dari perencanaan yang dibuat olehseorang guru. Buat / susunlah sebuah perencanaan pembelajaran untuk salah satu pelajaran yang Anda ajarkan, yang menurut Anda sudah cukup baik !(mengacu pada cara membuat RP yang telah ditentukan) dan berikan alasannya?
Berikut adalah salah satu contoh RPP yang sudah cukup baik karena telah sesuai dengan pedoman penyusunan RPP sesuai dengan aturan permendikbud tahun 2014.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SATUAN PENDIDIKAN             : MtsI AMPEL Banjarjo
KELAS/                                          : VII/2
MATA PELAJARAN                    : BAHASA INGRRIS
TEMA/SUB TEMA                       : Describing People/Appearance and Personalities
PERTEMUAN KE                         : 2
ALOKASI WAKTU                       :1 X 40 Menit

A.      KOMPETENSI INTI
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI  3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai

B.       KOMPETENSI DASAR                       :
KD 1: Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
KD 2:  
2.2. Menghargai perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
2.3. Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
KD 3
3.7. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk penyebutan sifat orang, binatang, dan benda
 KD 4
4.7. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyebutkan sifat orang, binatang, dan benda, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

C.      INDIKATOR PEMBELAJARAN
KD 3:
1.    Menemutunjukkan sifat orang berupa ciri fisik dan kepribadiannya dalam sebuah teks melalui kegiatan mendengarkan dengan teliti.
2.    Mempolakan bentuk kalimat nominal dan verbal untuk menanya dan merespon cirri fisik dan sifat orang secara bertanggungjawab.
3.      Mengungkapkan dan merespon pertanyaan tentang ciri fisik dan sifat orang dengan santun.
KD 4:
1.      Menjelaskan ciri fisik dan sifat orang menggunakan Simple Present to be (is, am, are) secara lisan dan tulisan dengan percaya diri.
2.      Menyusun teks tertulis untuk menggambarkan sifat salah satu anggota keluarga atau teman dengan jujur dan bertanggung jawab.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah melakukan proses kegiatan belajar diharapkan siswa dapat:
1.      Menentukan sifat orang berupa ciri fisik dan kepribadiannya dalam sebuah teks melalui kegiatan mendengarkan dengan teliti.
2.      Mempolakan bentuk kalimat nominal dan verbal untuk menanya dan merespon ciri fisik dan sifat orang secara bertanggungjawab.
3.      Mengungkapkan dan merespon pertanyaan tentang ciri fisik dan sifat orang dengan santun.
4.      Menjelaskan ciri fisik dan sifat orang menggunakan Simple Present to be (is, am, are) secara lisan dan tulisan dengan percaya diri.
5.      Menyusun teks tertulis untuk menggambarkan ciri fisik dan sifat positif salah satu anggota keluarga atau teman dengan jujur dan bertanggungjawab.

E.       MATERI AJAR           
1.      Tema              : Describing people/ appearances and personalities
2.      Percakapan antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa
3.      Focus skill      : writing

Tujuan (Fungsi)  Komunikasi
Ungkapan (Language Expressions)
Konteks Pemakaian (The Use)
Describing people
What’s … like?
He/she is nice.
Vocabulary:
Adjectives about appearance and personalities, such as: young, old, short, tall, cheerful, naughty, generous, etc.
Percakapan sehari – hari dengan guru dan siswa lain.
Penulisan artikel majalah seperti Up Close and Personal.

            Materi video Midas (Mythology) – Animated Tutorial King Midas, flv yang diunduh dari www.youtube.com

F.   METODE PEMBELAJARAN/TEKNIK
Metode     : Cooperative Learning
Teknik      : Think-Group-Share, Tanya Jawab
G.      KEGIATAN PEMBELAJARAN       
Langkah – langkah kegiatan:
a. Kegiatan pendahuluan (5 menit)
No
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1
Guru memberi salam kepada siswa dan menanyakan kabar siswa
Guru meminta ketua kelas memimpin doa
Siswa membalas salam dan menjawab pertanyaan guru

Siswa berdoa bersama dipimpin ketua kelas
1’
2
Guru mengajak siswa mengucapkan yel kelas bahasa Inggris: I love English, yes, yes, yes!
Siswa mengucapkan yel
1’
3
Guru bertanya kepada siswa topik pelajaran yang lalu
Siswa menjawab dengan mengangkat tangan
2’
4
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
Siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru
1’














b. kegiatan inti (2 menit)
No
Kegiatan
No. Tujuan
Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa


1
Explorasi:

a.    Guru menunjukkan 4 gambar yang merepresentasikan 4 kata kunci (king, greedy, touch, gold) melalui slide bergambar dan meminta siswa menebak kata tentang gambar.
b.    Guru memastikan siswa mengerti makna keempat kata tersebut dengan menanyakan: Any words that you don’t know the meaning?

c.     Guru menyampaikan bahwa hari ini siswa akan melihat video pendek dan lalu meminta mereka menebak video itu tentang apa melalui empat kata kunci tersebut.


Siswa menebak kata kunci yang diberikan guru.




Siswa menjawab pertanyaan guru.



Siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru.



4




4




4


5’
2
Elaborasi:
a.    Guru memutarkan video dan meminta siswa berdiskusi dalam kelompok yang terdiri dari 4 orang untuk menjawab pertanyaan dengan kalimat lengkap.
-        Who is the main character?
-        How does he look like?

b.    Guru meminta setiap kelompok untuk menunjuk satu juru bicara yang akan melaporkan hasil diskusi kelompoknya.

c.    Guru menunjuk wakil setiap kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya.

d.   Guru menunjukkan contoh teks artikel “Up Close and Personal”  yang menggambarkan sifat dan penampilan orang melalui slide dan meminta siswa mengucapkan kalimat demi kalimat bersama – sama (unison)

e.    Guru bertanya kepada beberapa siswa secara acak tentang penampilan dan sifat dari ayah atau ibu mereka.
-      How about your mom?
-      What is she like?/How does she look like?
-      What about her personalities?

Siswa mengamati video tersebut dan bekerja dalam kelompok,untuk mendiskusikan jawaban pertanyaan tersebut. Mereka menuliskan hasil diskusi di kertas yang disediakan.



Siswa menunjuk juru bicara kelompok.


Siswa yang menjadi juru bicara melaporkan hasil diskusi kepada seluruh siswa lainnya.


Siswa mengucapkan kalimat – kalimat tersebut dengan nyaring bersama – sama.






Siswa yang ditunjuk menjawab pertanyaan guru. Siswa yang lain menyimak.





4








4









4





4,5
10’









3
Konfirmasi

a.    Guru meminta siswa menggambar sketsa dan menulis sebuah paragraf pendek (8 – 10 kalimat) berbentuk artikel Up Close and Personal yang menggambarkan tentang ayah, ibu, kakak, adik, atau teman. Namun, guru perlu mengarahkan bahwa ketika mendeskripsikan seseorang, siswa perlu bersikap jujur dan bertanggungjawab bukan untuk tujuan merendahkan orang tersebut.
Artikel tersebut akan dipajang di mading sekolah.

b.    Sebelum mulai mengerjakan, Guru memberi kesempatan siswa bertanya bila mereka masih tidak mengerti tugas yang diberikan.

c.    Guru berkeliling untuk memonitor pekerjaan siswa dan membantu bila ada yang kesulitan serta melakukan pengamatan untuk penilaian sikap.



Siswa menyimak penjelasan yang diberikan guru.















Siswa yang tidak mengerti bertanya kepada guru.


Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.


4,5
















4,5




5
15’





























































































 c.       Kegiatan penutup (5 menit)

No
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1
Guru meminta siswa secara acak untuk menyimpulkan pelajaran apa yang mereka dapatkan hari ini.
Siswa menyimpulkan pelajaran yang mereka dapatkan hari ini.
3’
2
Guru memberikan PR berupa LKS
Siswa menerima LKS dan menuliskan PRnya di agenda.
2’





          
         H.      ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Media                   : Multi media
Alat/Bahan           : jobstick, LCD, laptop, slides power point, LKS, timer, speaker aktif
Sumber Belajar    : Buku Guru  Bahasa Inggris: When English Rings The Bell, halaman 132 – 133, 139
                              Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas VII: When English Rings The Bell, halaman 128 – 129
                               Connect Work Book, Jack C. Richards, Carlos Barbisan with Chuck Sandy, Cambridge University press, halaman 27
                               Internet www.youtube.com
I.         PENILAIAN
Jenis: Tulis
Bentuk: Produk karangan
Instrumen: Membuat karangan teks pendek terdiri dari 8 - 10 kalimat berbentuk artikel ‘Up Close and Personal
                         Pedoman Penskoran (Rubrics) Untuk Artikel Up-Close-and Personal
        Rubrik : terlampir
        
1.              Pedoman  Penskoran rubrik: Total poin     X 100%
                                                                    20
Pedoman Penskoran (Rubrics) Untuk Artikel Up-Close-and Personal
1.                    Pedoman penskoran rubrik Penilaian Sikap:  Total poin   X 100%
                                                                                                    70                   

Mengetahui                                                                                                                                              Bojonegoro, 23 September 2015
Kepala MtsI AMPEL                                                                                                                               Banjarjo  Guru Mata Pelajaran

Pujiono S.Ag                                                                                                                                                            Nur Kholif

No comments:

Post a Comment