Monday, February 15, 2016

MENGANALISIS BUTIR SOAL OBJEKTIF DAN ESSAY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS



MENGANALISIS BUTIR SOAL OBJEKTIF DAN ESSAY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
Analisis butir soal dilakukan pada tes pilihan ganda maupun tes uraian. Dua karakteristik butir soal yang perlu diketahui dalam analisis butir soal adalah tingkat kesukaran dan daya beda. Butir soal yang baik adalah butir soal yang memiliki tingkat kesukaran sedang dengan daya beda positif tinggi. Sedangkan butir soal yang perlu diperbaiki adalah butir soal yang telalu mudah atau terlalu susah dengan daya beda negatif.
Langkah-langkah menganalisis butir soal objektif secara sederhana yaitu:
1.       Hitunglah jawaban yang benar untuk seluruh siswa.
2.       Berdasarkan jumlah jawaban yang benar dari seluruh siswa tersebut susunlah skor siswa mulai dari skor tertinggi sampai pada skor terendah.
3.       Berdasarkan urutan skor tersebut tentukan siswa yang termasuk kelompok atas dan siswa kelompok bawah. Untuk menentukan berapa persen siswa yang termasuk kelompok atas dan bawah dapat menggunakan cara sebagai berikut: a. Jika jumlah siswa kurang dari 20 maka jumlah kelompok atas dan bawah masing-masing 50%. b. Jika jumlah siswa 21-40 maka jumlah kelompok atas dan bawah masing-masing 33,3%. C. Jika jumlah siswa lebih dari 40 maka jumlah kelompok atas dan kelompok bawah masing-masing 27%.
4.       Hitunglah jumlah siswa dalam kelompok atas yang memilih tiap-tiap alternatif jawaban yang disediakan.
5.       Hitunglah jumlah siswa dalam kelompok bawah yang memilih tiap-tiap alternatif jawaban yang disediakan.
6.       Hitung jumlah seluruh peserta tes (kel. Atas, tengah, bawah) yang menjawab benar.
7.       Hitung tingkat kesukaran dan daya beda soal.
Langkah-langkah menganalisis butir soal uraian yaitu:
1.       Tentukan jumlah siswa yang termasuk dalam kelompok atas (25%) dan kelompok bawah (25%).
2.       Hitung jumlah skor kelompok atas dan jumlah skor kelompok bawah.
3.       Hitung tingkat kesukaran dan daya beda setiap butir soal.

No comments:

Post a Comment