Tuesday, February 16, 2016

MACAM-MACAM PENELITIAN KELAS



MACAM-MACAM PENELITIAN KELAS


PTK
Stimulated Recall
Quasi experiment
Interaction analysis
survey
Tujuan penelitian
·         Untuk menemukan fakta dalam praktik pembelajaran bahasa Inggris yang dianggap lebih efektif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran Bahasa Inggris.
·         Meningkatkan dan memperbaiki aktivitas proses pembelajaran.
·         Membiasakan guru menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalama pembelajaran Bahasa Inggris.
Meniliti strategi dan proses berpikir responden pada saat mengerjakan tugas atau aktivitas berbahasa.
Mengetahui pengaruh sesuatu pendekatan, metode ataupun teknik pembelajaran baru yang diujicobakan untuk mengetahui tingkat efektivitasnya terhadap keberhasilan belajar siswa.
Menganalisis pengguna bahasa inggris dalam proses interaksi (natural) oleh guru maupun siswa dalam konteks tertentu.
mengevaluasi program pelaksanaan pengajaran yang menyangkut pelaksanaan kurikulum, pelaksanaan pembelajaran, sikap dan perilaku guru, keadaan siswa dalam belajar bahasa Inggris dan permasalahan lainnya.
Contoh permasalahan
Apakah permainan bahasa dapat meningkatkan penguasaan siswa kelas VII MTsI Ampel?
Bagaimana teknik siswa menjawab pertanyaan guru secara lisan?
Apakah pendekatan cooperative learning lebih efektif dari communicative learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris?
Bagaimanakah struktur wacana lisan interaksi guru dan siswa dalam   kelas di  MTsI Ampel  pada waktu proses belajar mengajar?
Bagaimana perkembangan alat peraga dalam pembelajaran Bahasa Inggris?
Teknik Pengumpulan data
1.      Melaksanakan proses pembelajaran.
2.      Melakukan observasi.
Instrumen penelitan dengan memberikan tugas atau aktivitas yang dilaksanakan berdasarkan protokol penelitian.
Memberikan perlakuan terhadap subjek penelitian.
Data dikumpulkan dalam bentuk natural, artinya data interaksi diambil dari data apa adanya sesuai dengan apa yang tejadi di lapangan.
Questionare, interview dan gabungan antara interview dan questionare.
Subjek penelitian
Siswa
Guru dan siswa.
siswa
Guru dan siswa.
Guru
Desain penelitian
Penetapan fokus permasalahan- REFLEKSI AWAL
SIKLUS-1
1.      Perencanaan tindakan.
2.      Pelaksanaan tindakan.
3.      Observasi dan inerpretasi.
4.      Analisis dan refleksi.
SIKLUS-2
1.      Perencanaan tindakan lanjutan.
2.      Pelaksanaan tindakan.
3.      Observasi dan inerpretasi.
4.      Analisis dan refleksi.
SIKLUS-3 dan seterusnya.....
1.      Merumuskan masalah.
2.      Menyusun pertanyaan penelitian.
3.      Pengkajian teori
4.      Menyiapkan aktivitas berbahasa untuk direkam.
5.      Menyusun protokol
6.      Melakukan uji coba stimullated recall.
7.      Melakukan analisis uji coba.
8.      Melaksanakan perekaman aktivitas berbahasa siswa.
9.      Melaksanakan recall segera setelah perekaman.
10.  Melakukan analisis data.
1.      Rancangan pra-eksperimen.
a.       Studi kasus bentuk tunggal (tidak menggunakan kelompok kontrol, perlakuan langsung diberikan pada kelompok eksperimen dan diikuti posttest untuk melihat hasil dr perlakuan)
b.      Rancangan pretest-posttest kelompok tunggal (tidak menggunakan kelompok kontrol, sebelum memberikan perlakuan kelompok eksperimen diberikan pretest kemudian posttest sesudah diberi perlakuan. Kemudian membandingkan hasil pre-test dan posttest untuk melihat hasil.
c.       Rancangan perbandingan kelompok statik (membandingkan 2 kelompok yang tak ekuivalen. kelompok A diberi perlakuan kelompok B tdk diberi perlakuan. Kemudian di berikan tes untuk, dan dibandingksn hasilnya)
2.      Rancangan quasi-eksperimen
a.       Rancangan pretest-posttest yang tak ekuivalen (membandingkan 2 kelompok dengan perlakuan yang berbeda. Kedua kelompok diberi pretest dan posttest. Kemudian dibandingkan kedua hasilnya)
b.      Rancangan pretest-posttest pada kelompok tungal yang materinysekuivalen (menggunakan satu kelompok yang di beri 2 perlakuan berbeda)
3.      Rancangan eksperimen yang sebenarnya.
a.       Rancangan yang hanya posttest pada kelompok ekuivalen
b.      Rancangan pretest-posttest pada kelompok ekuivalen.
1.      Merumuskan masalah penelitian.
2.      Menyusun pertanyaan penelitian.
3.      Melakukan studi literatur.
4.      Menentukan subjek penelitian.
5.      Pengambilan data dalam bentuk transkip interaksi.
6.      Menganalisi data dengan cara interpretasi dan pemaknaan.
1.      Menentukan pertanyaan penelitian atau rumusan permasalahan penelitian.
2.      Melakukan studi literatur.
3.      Menentukan sampel penelitian survey.
4.      Menentukan teknik pengumpulan data (questionar/survey).
5.      Pelaksanaan survey.

No comments:

Post a Comment