MACAM-MACAM PENELITIAN KELAS
PTK
|
Stimulated
Recall
|
Quasi
experiment
|
Interaction
analysis
|
survey
|
|
Tujuan
penelitian
|
·
Untuk menemukan fakta dalam praktik pembelajaran bahasa Inggris yang
dianggap lebih efektif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran Bahasa
Inggris.
·
Meningkatkan dan memperbaiki aktivitas proses pembelajaran.
·
Membiasakan guru menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalama
pembelajaran Bahasa Inggris.
|
Meniliti
strategi dan proses berpikir responden pada saat mengerjakan tugas atau
aktivitas berbahasa.
|
Mengetahui
pengaruh sesuatu pendekatan, metode ataupun teknik pembelajaran baru yang
diujicobakan untuk mengetahui tingkat efektivitasnya terhadap keberhasilan
belajar siswa.
|
Menganalisis
pengguna bahasa inggris dalam proses interaksi (natural) oleh guru maupun
siswa dalam konteks tertentu.
|
mengevaluasi
program pelaksanaan pengajaran yang menyangkut pelaksanaan kurikulum,
pelaksanaan pembelajaran, sikap dan perilaku guru, keadaan siswa dalam belajar
bahasa Inggris dan permasalahan lainnya.
|
Contoh
permasalahan
|
Apakah
permainan bahasa dapat meningkatkan penguasaan siswa kelas VII MTsI Ampel?
|
Bagaimana
teknik siswa menjawab pertanyaan guru secara lisan?
|
Apakah
pendekatan cooperative learning lebih efektif dari communicative learning
dalam pembelajaran Bahasa Inggris?
|
Bagaimanakah struktur wacana lisan interaksi guru dan siswa
dalam kelas di MTsI Ampel pada waktu proses belajar
mengajar?
|
Bagaimana
perkembangan alat peraga dalam pembelajaran Bahasa Inggris?
|
Teknik
Pengumpulan data
|
1. Melaksanakan proses
pembelajaran.
2. Melakukan observasi.
|
Instrumen
penelitan dengan memberikan tugas atau aktivitas yang dilaksanakan
berdasarkan protokol penelitian.
|
Memberikan
perlakuan terhadap subjek penelitian.
|
Data
dikumpulkan dalam bentuk natural, artinya data interaksi diambil dari data
apa adanya sesuai dengan apa yang tejadi di lapangan.
|
Questionare,
interview dan gabungan antara interview dan questionare.
|
Subjek
penelitian
|
Siswa
|
Guru dan
siswa.
|
siswa
|
Guru dan
siswa.
|
Guru
|
Desain
penelitian
|
Penetapan
fokus permasalahan- REFLEKSI AWAL
SIKLUS-1
1. Perencanaan tindakan.
2. Pelaksanaan tindakan.
3. Observasi dan inerpretasi.
4. Analisis dan refleksi.
SIKLUS-2
1. Perencanaan tindakan lanjutan.
2. Pelaksanaan tindakan.
3. Observasi dan inerpretasi.
4. Analisis dan refleksi.
SIKLUS-3 dan
seterusnya.....
|
1. Merumuskan masalah.
2. Menyusun pertanyaan penelitian.
3. Pengkajian teori
4. Menyiapkan aktivitas berbahasa
untuk direkam.
5. Menyusun protokol
6. Melakukan uji coba stimullated
recall.
7. Melakukan analisis uji coba.
8. Melaksanakan perekaman
aktivitas berbahasa siswa.
9. Melaksanakan recall segera
setelah perekaman.
10. Melakukan analisis data.
|
1. Rancangan pra-eksperimen.
a. Studi kasus bentuk tunggal
(tidak menggunakan kelompok kontrol, perlakuan langsung diberikan pada
kelompok eksperimen dan diikuti posttest untuk melihat hasil dr perlakuan)
b. Rancangan pretest-posttest
kelompok tunggal (tidak menggunakan kelompok kontrol, sebelum memberikan
perlakuan kelompok eksperimen diberikan pretest kemudian posttest sesudah diberi
perlakuan. Kemudian membandingkan hasil pre-test dan posttest untuk melihat
hasil.
c. Rancangan perbandingan kelompok
statik (membandingkan 2 kelompok yang tak ekuivalen. kelompok A diberi
perlakuan kelompok B tdk diberi perlakuan. Kemudian di berikan tes untuk, dan
dibandingksn hasilnya)
2. Rancangan quasi-eksperimen
a.
Rancangan pretest-posttest yang tak ekuivalen (membandingkan 2 kelompok
dengan perlakuan yang berbeda. Kedua kelompok diberi pretest dan posttest.
Kemudian dibandingkan kedua hasilnya)
b.
Rancangan pretest-posttest pada kelompok tungal yang materinysekuivalen
(menggunakan satu kelompok yang di beri 2 perlakuan berbeda)
3. Rancangan eksperimen yang
sebenarnya.
a.
Rancangan yang hanya posttest pada kelompok ekuivalen
b.
Rancangan pretest-posttest pada kelompok ekuivalen.
|
1. Merumuskan masalah penelitian.
2. Menyusun pertanyaan penelitian.
3. Melakukan studi literatur.
4. Menentukan subjek penelitian.
5. Pengambilan data dalam bentuk
transkip interaksi.
6. Menganalisi data dengan cara
interpretasi dan pemaknaan.
|
1. Menentukan pertanyaan
penelitian atau rumusan permasalahan penelitian.
2. Melakukan studi literatur.
3. Menentukan sampel penelitian
survey.
4. Menentukan teknik pengumpulan
data (questionar/survey).
5. Pelaksanaan survey.
|
No comments:
Post a Comment