Tugas 3 Evaluasi Pembelajaran
Bahasa Inggris
Tugas 3:
1.
How do you evaluate
your students' listening skill through listening a short story?
Jawab:
pedoman penilaian kemampuan mendengarkan (listening) siswa:
Pertama-tama
siswa di putarkan monolog short story selama tiga kali. Pemutaran pertama untu
memahami teks secara kesuluruha siswa dilarang menulis apapun, siswa hanya
mendengarkan tanpa membuat note. Pemutaran kedua setelah siswa mendapatka
gambaran tema teks siswa dianjurkan menulis hal-hal yang dianggap penting atau
poin-poin wacana. Pemutaran ketiga siswa tinggal melengkapi kekurangan dari
note yang mereka buat pada putaran kedua. Setelah itu siswa dapat merapikan
tulisan yang mereka buat dan mengumpulkan kepada guru. Kemudian siswa dipanggil
satu persatu untuk meceritakan ulang secara lisan tentang apa yang mereka dapat
kepada guru dan siswa lain didepan kelas.
Kriteria
penilainan:
Kategori
A = 90 – 100 (baik
sekali)
B = 80 – 89 (baik)
C = 70 – 79 (cukup)
D = 60 – 69 (kurang)
E = ≤ 59 (kurang
sekali)
Pedoman skor
5 = Baik
sekali
4 = Baik
3 = Cukup
2 = kurang
1 = Kurang sekali
Comprehension:
Hal ini mengacu pada pemahaman siswa dalam memahami maksud serta respon yang diberikan.
Lexical Resource:
Hal ini mengacu pada jumlah kosakata yang digunakan oleh siswa dan seberapa jelas arti. Ini mencakup variasi kata yang digunakan dan kemampuan untuk mendapatkan kosakata yang utuh.
Grammatical Range and Accuracy:
Hal ini mengacu pada berbagai struktur yang tersedia bagi para siswa dan bagaimana akurat dan tepatnya digunakan. Penilaian memperhitungkan panjang dan kompleksitas dari pemahaman mendengarkan.
Hal ini mengacu pada pemahaman siswa dalam memahami maksud serta respon yang diberikan.
Lexical Resource:
Hal ini mengacu pada jumlah kosakata yang digunakan oleh siswa dan seberapa jelas arti. Ini mencakup variasi kata yang digunakan dan kemampuan untuk mendapatkan kosakata yang utuh.
Grammatical Range and Accuracy:
Hal ini mengacu pada berbagai struktur yang tersedia bagi para siswa dan bagaimana akurat dan tepatnya digunakan. Penilaian memperhitungkan panjang dan kompleksitas dari pemahaman mendengarkan.
Phoneme:
Kemampan
siswa unt kmembedaka kata-kata yang memiliki kemiripan pengucapan.
Pronunciation:
Hal ini mengacu pada kemampuan siswa untuk mendengarkan ucapan-ucapan dimengerti.
Pronunciation:
Hal ini mengacu pada kemampuan siswa untuk mendengarkan ucapan-ucapan dimengerti.
Menggunakan
tabel penilain seperti berikut:
Name
|
comprehension
|
Lexical resource
|
Grammatical range & accuracy
|
phoneme
|
pronunciation
|
Skor perolehan
|
Brian
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
18
|
Tej
|
4
|
4
|
5
|
5
|
4
|
22
|
Anna
|
2
|
3
|
3
|
3
|
4
|
15
|
Mia
|
5
|
5
|
4
|
5
|
5
|
24
|
Gambaran dari hasil uji
speech di atas adalah sebagai berikut:
Skor masksimal adalah 25
dan skor minimal adalah 5. Rentang nilai adalah 1 - 100.
Skor akhir =

Skor akhir Brian =
= 72 kategori C (cukup)

Skor akhir Tej =
= 88 kategori B (baik)

Skor akhir Anna =
= 60 kategori D (kurang)

Skor akhir Mia =
= 96 kategori A (Baik sekali)

No comments:
Post a Comment