Monday, February 15, 2016

TUGAS-3 - PSIKOLINGUISTIK


TUGAS-3 - PSIKOLINGUISTIK

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat menurut pemahaman Anda.
  1. Apa yang Anda pahami tentang pemerolehan bahasa pertama pada anak?
Proses pemerolehan bahasa pertama terfokus pada perkembangan bahasa anak, sejalan dengan perkembangannya bahasa seorang anak akan berubah dalam hal (1) isi dan fungsi pesannya (2) lingkup orang-orang yang berkomunikasi dengannya (3) alat yang ia gunakan untuk berkomunikasi. Selain tu anak-anak mulai mengawali membicarakan tentang hal-hal yang mereka ketahui dilingkungan sekitarnya. Dalam perkembangan bahasa anak usia satu tahun atau satu setengah tahun melalui dua tahap yaitu:
1)      Ujaran awal, ada dua tahap dalam ujaran awal yaitu:
a.      Tahap sensori motorik: anak-anak mulai memproduksi kejadian-kejadian yang disimpan dalam memorinya sehari atau beberapa hari sebelumnya, anak secara konsisten memulai menggunakan kata-kata pertamanya mengenai hal-hal tersebut .
b.      Peranan benda-benda: pada usia satu sampai satu setengah tahun anak-anak telah mengumpulkan pengetahuan yang spesifik tentang benda-benda di sekitarnya.
2)      Ujaran satu kata, anak-anak pertama kali berbicara mengenai benda-benda yang ada di sekitarnya. Binatang, makanan, mainan dikategorikan sebagai tiga kategori yang sering dikategorikan sebagai sepuluh kata pertama anak.

  1. Jelaskan secara singkat proses pemerolehan bahasa dari sudut pandang fonologi dan morfologi!
1)      Fonologi
Anak menggunakan bunyi-bunyi yang telah dipelajarinya dengan bunyi-bunyi yang belum dipelajari, misalnya menggantikan bunyi /l/ yang sudah dipelajari dengan bunyi /r/ yang belum dipelajari. Pada akhir periode berceloteh, anak sudah mampu mengendalikan intonasi, modulasi nada, dan kontur bahasa yang dipelajarinya.
2)      Morfologi
Pada usia 3 tahun anak sudah membentuk beberapa morfem yang menunjukkan fungsi gramatikal nomina dan verba yang digunakan. Kesalahan gramatika sering terjadi pada tahap ini karena anak masih berusaha mengatakan apa yang ingin dia sampaikan. Anak terus memperbaiki bahasanya sampai usia sepuluh tahun.

  1. Terdapat enam model penelitian dalam lingkup pemerolehan bahasa kedua menurut Ellis. Sebutkan dan jelaskan masing-masing model penelitian tersebut.
1)      Model akulturasi
Yaitu proses beradaptasi dengan budaya baru. Akulturasi merupakan aspek yang penting dalam pemerolehan bahasa kedua, karena bahasa adalah salah satu dari ekspresi-ekspresi yang sangat baik untuk dapat di observasi dari kebudayaan.
2)      Model akomodasi
Adalah model dimana pembelajar dengan pengetahuan yang telah didapatnya, dalam hal ini kemudian pembelajar mengikuti norma internal, nativisasi nyata dalam pidginisasi dan pada awal pemerolehan pembelajra menyesuaikan sistem yang telah terinternalisasi untuk mencocokkannya dengan input.
3)      Teori wacana
Melalui komunikasi dengan orang lain, anak melakukan perbuatan di dunia dan mengembangkan aturan struktur bahasa dan penggunaan bahasa. Hal ini karena pembelajar L2 dimotivasi untuk melakukan perbuatan (setidaknya dalam perbuatan SLA secara informal) sehingga sebuah dapat dibuat antara pemerolehan bahasa pertama dengan pemerolehan bahasa kedua.
4)      Model keragaman kemampuan
Proses penggunaan bahasa melibatkan pengetahuan kebebasan (pentur) dan kemampuan menggunakan pengetahuan ini (prosedur). Penegetahuan yang di dapat dengan mudah dan cepat adalah pengetahuan otomatis, sedangkan pengetahuan yg memerlukan waktu dan usaha untuk mendapatkannya adalah pengetahuan nonotomatis.
5)      Model fungsi otak
Dikembangkan melalui neurofungsional, menurut Lamendella jangkauan sebuah pendekatan neurofungsional tergambar dalam ungkapan berikut: perspektif neurofungsional terhadap bahasa mencoba untuk menggolongkan perkembangan dan penggunaan bahasa.
6)      Model monitor
Terkait dengan model ini krashen mengungkapkan lima hipotesis yaitu hipotesis pemerolehan dan pembelajaran, hipotesis urutan alamiah, hipotesis input, hipotesis monitor, dan hipotesis saringan afektif.


No comments:

Post a Comment