TUGAS-3 - PSIKOLINGUISTIK
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat menurut
pemahaman Anda.
- Apa yang Anda pahami tentang pemerolehan bahasa pertama pada anak?
Proses pemerolehan bahasa pertama terfokus pada
perkembangan bahasa anak, sejalan dengan perkembangannya bahasa seorang anak
akan berubah dalam hal (1) isi dan fungsi pesannya (2) lingkup orang-orang yang
berkomunikasi dengannya (3) alat yang ia gunakan untuk berkomunikasi. Selain tu
anak-anak mulai mengawali membicarakan tentang hal-hal yang mereka ketahui
dilingkungan sekitarnya. Dalam perkembangan bahasa anak usia satu tahun atau
satu setengah tahun melalui dua tahap yaitu:
1)
Ujaran awal, ada dua tahap dalam
ujaran awal yaitu:
a.
Tahap sensori motorik: anak-anak
mulai memproduksi kejadian-kejadian yang disimpan dalam memorinya sehari atau
beberapa hari sebelumnya, anak secara konsisten memulai menggunakan kata-kata
pertamanya mengenai hal-hal tersebut .
b.
Peranan benda-benda: pada usia
satu sampai satu setengah tahun anak-anak telah mengumpulkan pengetahuan yang
spesifik tentang benda-benda di sekitarnya.
2)
Ujaran satu kata, anak-anak
pertama kali berbicara mengenai benda-benda yang ada di sekitarnya. Binatang,
makanan, mainan dikategorikan sebagai tiga kategori yang sering dikategorikan
sebagai sepuluh kata pertama anak.
- Jelaskan secara singkat proses pemerolehan bahasa dari sudut pandang fonologi dan morfologi!
1) Fonologi
Anak menggunakan bunyi-bunyi yang telah dipelajarinya dengan bunyi-bunyi
yang belum dipelajari, misalnya menggantikan bunyi /l/ yang sudah dipelajari
dengan bunyi /r/ yang belum dipelajari. Pada akhir periode berceloteh, anak
sudah mampu mengendalikan intonasi, modulasi nada, dan kontur bahasa yang
dipelajarinya.
2) Morfologi
Pada usia 3 tahun anak sudah membentuk beberapa morfem yang menunjukkan
fungsi gramatikal nomina dan verba yang digunakan. Kesalahan gramatika sering
terjadi pada tahap ini karena anak masih berusaha mengatakan apa yang ingin dia
sampaikan. Anak terus memperbaiki bahasanya sampai usia sepuluh tahun.
- Terdapat enam model penelitian dalam lingkup pemerolehan bahasa kedua menurut Ellis. Sebutkan dan jelaskan masing-masing model penelitian tersebut.
1)
Model akulturasi
Yaitu proses
beradaptasi dengan budaya baru. Akulturasi merupakan aspek yang penting dalam
pemerolehan bahasa kedua, karena bahasa adalah salah satu dari
ekspresi-ekspresi yang sangat baik untuk dapat di observasi dari kebudayaan.
2)
Model akomodasi
Adalah model
dimana pembelajar dengan pengetahuan yang telah didapatnya, dalam hal ini
kemudian pembelajar mengikuti norma internal, nativisasi nyata dalam
pidginisasi dan pada awal pemerolehan pembelajra menyesuaikan sistem yang telah
terinternalisasi untuk mencocokkannya dengan input.
3)
Teori wacana
Melalui
komunikasi dengan orang lain, anak melakukan perbuatan di dunia dan
mengembangkan aturan struktur bahasa dan penggunaan bahasa. Hal ini karena
pembelajar L2 dimotivasi untuk melakukan perbuatan (setidaknya dalam perbuatan
SLA secara informal) sehingga sebuah dapat dibuat antara pemerolehan bahasa
pertama dengan pemerolehan bahasa kedua.
4)
Model keragaman kemampuan
Proses
penggunaan bahasa melibatkan pengetahuan kebebasan (pentur) dan kemampuan
menggunakan pengetahuan ini (prosedur). Penegetahuan yang di dapat dengan mudah
dan cepat adalah pengetahuan otomatis, sedangkan pengetahuan yg memerlukan
waktu dan usaha untuk mendapatkannya adalah pengetahuan nonotomatis.
5)
Model fungsi otak
Dikembangkan
melalui neurofungsional, menurut Lamendella jangkauan sebuah pendekatan
neurofungsional tergambar dalam ungkapan berikut: perspektif neurofungsional
terhadap bahasa mencoba untuk menggolongkan perkembangan dan penggunaan bahasa.
6)
Model monitor
Terkait dengan
model ini krashen mengungkapkan lima hipotesis yaitu hipotesis pemerolehan dan
pembelajaran, hipotesis urutan alamiah, hipotesis input, hipotesis monitor, dan
hipotesis saringan afektif.
No comments:
Post a Comment