TUGAS 1 PENGANTAR
PENDIDIKAN
1.
Apa yang dimaksud dengan hakikat manusia ?
Hakikat manusia adalah sperangkat
gagasan atau konsep yang mendasar tentang manusia dan makna eksistensi manusia
di dunia. Pengertian hakikat manusia berkrnaan dengan “prinsip adanya”
(principe de’etre) manusia. Dengan kata lain, pengertian hakikat manusia adalah
seperangkat gagasan tentang “sesuatu yang olehnya” manusia menjadi apa
yang terwujud. “sesuatu yang olehnya”
manusia memiliki karakter yang khas. “sesuatu yang olehnya” ia merupakan sebuah
nilai yang unik, yang memiliki suatu martabat khusus (Louis Leahy,1985).
2.
Jelaskan bagaimana lingkungan keluarga dapat mempengaruhi pendidikan
seorang anak?
Pendidikan
dalam keluarga berlangsung atas dasar tanggung jawab dan kasih sayang yang
muncul dari diri orang tua. Pelaksanaan pendidikan berlangsung secara wajar
atau alamiah. Karena itu pendidikan dalam keluarga disebut pendidikan informal.
Perlakuan dan pengalaman yang diterima anak semasa kecilnya dari keluarga akan
mempengaruhi kehidupan selanjutnya.
Berbagai faktor yang ada dan terjadi didalam keluarga akan turut
menentukan kualitas hasil pendidikan anak. Jenis keluarga, gaya kepemimpinan
orang tua, kedudukan anak dalam urutan keanggotaan keluarga, fasilitas yang ada
dalam keluarga, hubungan keluarga dengan dunia luar, status ekonomi orang tua,
dan sebagainya akan turut mempengaruhi situasi pendidikan dalam keluarga, yang
pada akhirnya akan turut pula mempengaruhi pribadi anak.
3.
Mengapa keluarga, masyarakat, dan sekolah harus bekerjasama dalam
pendidikan?
Pendidikan dapat berlangsung baik
dilingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat (tri pusat pendidikan).
Ketiga lingkungan pendidikan tersebut merupakan komponen sistem pendidikan.
Keluarga tergolong pendidikan informal, sekolah tergolong pendidikan formal dan
masyarakat tergolong pendidikan nonformal. Masing-masing lingkungan pendidikan
tersebut memiliki karakteristik tertentu berkenaan dengan tujuan pendidikannya,
cara-cara pelaksanaannya, evaluasinya dan sebagainya. Namun demikian antara
lingkungan pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat terdapat hubungan yang
erat dan saling melengkapi, baik berkenaan dengan kepentingan pendidikan bagi
peserta didik maupun dalam rangka pelaksanaannya. Oleh karena itu tiga
lingkungan pendidikan tersebut harus saling bekerjasama. Akan tidak ada
hasilnya ketika dilingkungan rumah peserta didik mendapatkan pendidikan yang
layak namun ketika dimasyarakat peserta didik bergaul dengan teman sejawat yang
kurang tepat. Ataupun sebaliknya ketika disekolah peserta didik mendapatkan
bimbingan dari guru dengan layak dan baik akan tetapi suasana lingkungan
keluarga tidak mendukung prestasi anak.
No comments:
Post a Comment