Tuesday, February 16, 2016

Tugas 2: RESEARCH IN ELT



Tugas 2: RESEARCH IN ELT
 
1)      Ibu Santi bermaksud mengetahui apakah pembelajaran writing berbasis genre writing dapat lebih efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dibandingkan dengan pembelajaran writing tanpa berbasis genre. Penelitian apakah yang harus dilakukan oleh Ibu Santi yang paling tepat untuk mengetahui efektivitas genre-based teaching writing dan kemudian buatlah desain penelitian yang harus direncanakan oleh ibu Santi!
JAWAB:
Karena Ibu Santi ingin mengetahui keefektivitasan genre-based teaching writing maka penelitian yang paling tepat dilakukan oleh Ibu Santi adalah Penelitian Kelas dengan teknik Eksperimen. Teknik eksperimen dalam penelitian kelas ini sangat cocok dilakukan oleh Ibu Santi karena dalam masalah tersebut Ibu Santi ingin membandingkan antara pembelajaran writing berbasis genre dengan pembelajaran writing tanpa berbasis genre. Maka desain penelitian yang harus direncanakan Ibu Santi adalah desain penelitian eksperimen sebagai berikut:
(Ada tiga macam desain penelitian eksperimen yaitu Pra-eksperimen, quasi-eksperimen dan true eksperimen. Dalam masalah Ibu Santi tersebut true exsperiment adalah rancangan yang paling tepat)
Desain True Experiment dengan pretest-posttest pada kelompok-kelompok ekuivalen.
R   O1  X  O2       pencapaian  X = O2-O1
R   O3  C  O4       pencapaian  X = O4-O3
Ket:R= sampel untuk kelompok eksperimen
       O= observasi/test
       X= manipulasi variabel eksperimen
       C= variabel kontrol.
Rancangan ini diawali dengan penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara acak untuk menghasilkan kelompok yang benar-benar ekuivalen. setelah itu masing-masing kelompok diberikan pretest pada pelajaran writing, setelah diberikan pretest kelompok eksperimen diberikan perlakuan dalam kasus Ibu Santi tersebut perlakuannya berupa pembelajaran writing berbasis genre, sedangkan kelompok kontrol pembelajaran writing tanpa berbasis genre. Setelah selesai pembelajaran writing, kedua kelompok tersebut diberikan posttest. Kemudian hasil pencapaian tersebut dibandingkan mana yang lebih tinggi selisih antara pretest dan posttest itulah yang dianggap paling efektif.
Contoh: Ibu Santi bermaksud mengetahui apakah pembelajaran writing berbasis genre writing dapat lebih efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dibandingkan dengan pembelajaran writing tanpa berbasis genre. Kemudian ibu santi melakukan penelitian kelas dengan teknik eksperimen. Pertama-tama Ibu Santi memilih dua kelompok secara acak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol agar diperoleh kelompok yang benar-benar ekuivalen. sebelum melakukan pembelajaran writing dan memberikan perlakuan, Ibu Santi memberikan Pretest pada kedua kelompok tersebut. Setelah selesai mengumpulkan hasil pretest, pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran Writing berbasis genre dan kelompok kontrol dilakukan pembelajaran writing tanpa berbasis genre. Setelah selesai program pembelajaran Ibu Santi memberikan posttest pada kedua kelompok tersebut. Kemudian hasil pencapaian tersebut dibandingkan mana yang lebih tinggi selisih antara pretest dan posttest itulah yang dianggap paling efektif.

2) Jelaskan  pengertian dari setiap jenis penelitian berikut:
a)      Penelitian dengan teknik survey: mmerupakan penelitian yang ingin menjawab sebuah pertanyaan yang menginginkan jawaban eksplanasi.
b)      Penelitian dengan kuasi eksperimen: merupakan usaha membandingkan teknik pembelajaran tertentu untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa dengan cara memberikan perlakuan.
c)      Penelitian teknik stimulated recall:merupakan rancangan penelitian kelas yang memfokuskan pada pencarian strategi dan proses berfikir guru maupun siswa dalam proses pembelajaran dengan cara pemberian stimulus berupa hasil rekaman kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya untuk mengungkap strategi dan proses berpikir.
d)     Penelitian dengan Interaction analysis:merupakan rancangan penelitian kelas bahasa inggris dengan menganalisa penggunaan bahasa inggris dalam proses interaksi oleh guru maupun siswa dalam konteks tertentu.

3) Lengkapilah tabel berikut sesuai dengan jenis penelitian yang tepat
No
Judul permaslahan
Desain penelitian yang sesuai
1.
Apakah ada peningkatan kemampuan menulis berbahasa Inggris siswa kelas IA SMP Y melalui pendekatan guided writing?
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
2.
Apakah pendekatan structural efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris?
Penelitian Kelas (PK) dengan Teknik survey
3.
Apakah system tanya jawab dalam berbahasa Inggris dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara menggunakan berbahasa Inggris?
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
4.
Sejauhmana bahasa yang diungkapkan siswa dapat diketahui oleh guru?
Penelitian kelas (PK) dengan Teknik interaction analysis
5.
Bagaimana pola pikir siswa dalam mengungkapkan ide melalui latihan bermain peran?
Penelitian kelas (PK) dengan Teknik stimulated recall

No comments:

Post a Comment