Tugas 2: RESEARCH IN ELT
1)
Ibu Santi
bermaksud mengetahui apakah pembelajaran writing berbasis genre writing dapat lebih efektif
meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dibandingkan dengan pembelajaran
writing tanpa berbasis genre. Penelitian apakah yang harus dilakukan oleh Ibu
Santi yang paling tepat untuk mengetahui efektivitas genre-based teaching writing dan kemudian buatlah desain
penelitian yang harus direncanakan oleh ibu Santi!
JAWAB:
Karena Ibu
Santi ingin mengetahui keefektivitasan genre-based teaching writing maka
penelitian yang paling tepat dilakukan oleh Ibu Santi adalah Penelitian Kelas
dengan teknik Eksperimen. Teknik eksperimen dalam penelitian kelas ini sangat
cocok dilakukan oleh Ibu Santi karena dalam masalah tersebut Ibu Santi ingin
membandingkan antara pembelajaran writing berbasis genre dengan pembelajaran
writing tanpa berbasis genre. Maka desain penelitian yang harus direncanakan
Ibu Santi adalah desain penelitian eksperimen sebagai berikut:
(Ada tiga macam
desain penelitian eksperimen yaitu Pra-eksperimen, quasi-eksperimen dan true
eksperimen. Dalam masalah Ibu Santi tersebut true exsperiment adalah rancangan
yang paling tepat)
Desain True Experiment dengan pretest-posttest pada
kelompok-kelompok ekuivalen.
R O1
X O2 pencapaian X = O2-O1

Ket:R= sampel
untuk kelompok eksperimen
O=
observasi/test
X=
manipulasi variabel eksperimen
C=
variabel kontrol.
Rancangan ini
diawali dengan penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara acak
untuk menghasilkan kelompok yang benar-benar ekuivalen. setelah itu
masing-masing kelompok diberikan pretest pada pelajaran writing, setelah
diberikan pretest kelompok eksperimen diberikan perlakuan dalam kasus Ibu Santi
tersebut perlakuannya berupa pembelajaran writing berbasis genre, sedangkan
kelompok kontrol pembelajaran writing tanpa berbasis genre. Setelah selesai
pembelajaran writing, kedua kelompok tersebut diberikan posttest. Kemudian
hasil pencapaian tersebut dibandingkan mana yang lebih tinggi selisih antara
pretest dan posttest itulah yang dianggap paling efektif.
Contoh: Ibu Santi
bermaksud mengetahui apakah pembelajaran writing berbasis genre writing dapat
lebih efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dibandingkan dengan
pembelajaran writing tanpa berbasis genre. Kemudian ibu santi melakukan
penelitian kelas dengan teknik eksperimen. Pertama-tama Ibu Santi memilih dua
kelompok secara acak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol agar
diperoleh kelompok yang benar-benar ekuivalen. sebelum melakukan pembelajaran
writing dan memberikan perlakuan, Ibu Santi memberikan Pretest pada kedua
kelompok tersebut. Setelah selesai mengumpulkan hasil pretest, pada kelompok
eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran Writing berbasis genre dan
kelompok kontrol dilakukan pembelajaran writing tanpa berbasis genre. Setelah
selesai program pembelajaran Ibu Santi memberikan posttest pada kedua kelompok
tersebut. Kemudian hasil pencapaian tersebut dibandingkan mana yang lebih
tinggi selisih antara pretest dan posttest itulah yang dianggap paling efektif.
2) Jelaskan pengertian dari setiap jenis
penelitian berikut:
a)
Penelitian dengan teknik survey: mmerupakan penelitian yang ingin menjawab
sebuah pertanyaan yang menginginkan jawaban eksplanasi.
b)
Penelitian dengan kuasi eksperimen: merupakan usaha membandingkan teknik pembelajaran
tertentu untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa dengan cara
memberikan perlakuan.
c)
Penelitian teknik stimulated recall:merupakan rancangan penelitian kelas yang memfokuskan pada pencarian
strategi dan proses berfikir guru maupun siswa dalam proses pembelajaran dengan
cara pemberian stimulus berupa hasil rekaman kegiatan yang telah dilakukan
sebelumnya untuk mengungkap strategi dan proses berpikir.
d)
Penelitian dengan Interaction analysis:merupakan rancangan penelitian kelas bahasa inggris dengan menganalisa
penggunaan bahasa inggris dalam proses interaksi oleh guru maupun siswa dalam
konteks tertentu.
3) Lengkapilah tabel berikut sesuai dengan jenis
penelitian yang tepat
No
|
Judul
permaslahan
|
Desain
penelitian yang sesuai
|
1.
|
Apakah ada peningkatan
kemampuan menulis berbahasa Inggris siswa kelas IA SMP Y melalui pendekatan
guided writing?
|
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
|
2.
|
Apakah pendekatan structural
efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris?
|
Penelitian Kelas (PK) dengan
Teknik survey
|
3.
|
Apakah system tanya jawab dalam
berbahasa Inggris dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara
menggunakan berbahasa Inggris?
|
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
|
4.
|
Sejauhmana bahasa yang
diungkapkan siswa dapat diketahui oleh guru?
|
Penelitian kelas (PK) dengan
Teknik interaction analysis
|
5.
|
Bagaimana pola pikir siswa
dalam mengungkapkan ide melalui latihan bermain peran?
|
Penelitian kelas (PK) dengan
Teknik stimulated recall
|
No comments:
Post a Comment