MY HOUSE
Lihatlah gambar.
1. Sebutkan aktivitas grammar dan vocalubary apa saja
yang dapat di ajarkan menggunakan tema My House.
Aktivitas grammar dan vocabulary yang dapat diajarkan menggunakan tema My
House antara lain:
a. Mengidentifikasi objek, mis: How many rooms
are there in the hosue?
What is the name of the room number 1,2,3,4.....?
What can you find in room 1,2,3,4.....?
b. Menyebutkan aktifitas, mis: What do you
usually do in the kitchen, bedroom, bathroom.....?
Where do you sleep, cook, wash your clothe...?
What can you do with the sofa, flower, chair,
bed....?
c. Target grammar: There is...... / There are.....
There is a sofa in the living room.
There are two
bedrooms in my house.
d. Reading, membaca kalimat sederhana, mis: I always take a bath in the bathroom.
My mother cooks
in the kitchen.
I usually eat with my family in the
dining room.
I have a beautiful garden in my house.
e. Writing, menulis paragraf singkat sedehana,
mis:
MY
HOUSE
My
name is Fahri. I have a beautiful house. I have one living room and one dining
room. There are two bedrooms. There is a bathroom and a kitchen. I usually play
in the garden with my sister. There is a garage beside my house. There are many
flowers in the garden. I love my house very much.
f. Permainan menyusun kata, mis: m -
o - o - r - e - d - b = b __ __ __ __ __ __
a - t - b - h -
o - r - m - o = b__ __ __ __ __ __ __
d - o - w - n - i -
w = w__ __ __ __ __
i - k - t - n - e - h - c = k__ __ __ __ __ __ __
i - k - t - n - e - h - c = k__ __ __ __ __ __ __
g. Permainan mencocokkan, mis: car
___
living room
bed
___ kitchen
stove ___ garage
soap ___ bedroom
television ___ bathroom
stove ___ garage
soap ___ bedroom
television ___ bathroom
2.
Langkah-langkah kegiatan apa saja yang dapat Anda susun supaya
siswa tertarik dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran pada tema My House.
Kegiatan awal yaitu menyiapkan media pembelajaran yang berupa gambar
bagian-bagian dari rumah seperti pada gambar diatas. Kemudian mengenalkan
kosakata yang berhubunngan dengan gambar tersebut kepada siswa dengan metode
drill yaitu listen and repeat. Setelah siswa dianggap mampu mengucapkan kosa
kata seputar My House dengan tepat dan siswa telah cukup memahami dan dapat
mengidentifikasi setiap bagian-bagian dari rumah kemudian siswa diajak bermain
game vocabulary seputar My House.
Permainan yang pertama yaitu menyusun kata. Media yang perlu disiapkan yaitu
potongan-potongan kertas yang nantinya setiap kertas tersebut berisi satu huruf
dari vocabulary of My House. Game ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan
dalam bentuk kelompok yang berisi 4-6 siswa. Langkah-langkahnya antara lain
sebagai berikut:
a.
Guru menyiapkan beberapa kotak karton atau kardus kecil yang
berisi potongan kertas yang mana kertas tersebut bertuliskan bagian dari
huruf-huruf yang didapat dari kosakata My House.
b.
Permainan dilakukan bergiliran dari regu pertama ke regu
selanjutnya.
c.
Siswa bersama regunya berbaris berbanjar dan secara
maraton/satu persatu menyusun huruf hingga membentuk kata yang tepat.
Misalnya Regu1 beranggotakan A, B, C, D dan E.
Persiapan: Didepan kelas guru telah menyiapkan
kotak yang berisi potongan kertas. Guru meminta siswa untuk menyusun lima kata.
Pelaksanaan: setelah siswa berbaris rapi,
siswa diberi waktu selama 60 detik atau 1 menit untuk menyusun huruf secara
bergiliran atau satu persatu. Dari regu 1 siswa yang harus maju pertama yaitu
si A. Si A mengambil salah satu huruf yang ada di kotak kemudian menempelkannya
di papan tulis. Misal si A menempel huruf (B) kemudian kembali kebarisan yang
paling belakan dan disambung oleh siswa B, siswa B melanjutkan dengan menempel
huruf (A) dan seterusnya hingga membetuk sebuah kosa kata yang tepat. Regu yang
dapat menyusun kalimat paling cepat dan tepat ialah regu pemenangnya.
Permainan yang kedua yaitu mencocokkan gambar
dengan kosa kata. Media yang perlu disiapkan yaitu flashcard yang berisi gambar-gambar
bagian atau isi rumah. Yang kedua Kertas yang bertuliskan kosa kata. Game ini
juga dimainkan secara kelompok yang terdiri dari 4-6 siswa. Langkah-langkahnya
antara lain sebagai berikut:
a.
Guru menempel flashcard bergambar di papan tulis dan
menyiapkan kertas kosa kata di dalam kotak/kardus.
b.
Permainan dilakukan bersamaan/serempak.
c.
Siswa bersama regunya berbaris berbanjar dan secara
maraton/satu persatu mencocokkan kosa kata dengan gambar yang ditempel.
Misalnya Regu1 beranggotakan A, B, C, D dan E.
Persiapan: Didepan kelas guru telah menyiapkan
kotak yang berisi kertas yang bertuliskan kosakata. Guru meminta siswa untuk
mencocokkan kosakata yang ada di kotak
dan menempelkannya disebelah gambar yang sesuai. Guru dapat menempel gambar
sebanyak mungkin. Setiap regu mendapat gambar yang sama akan tetapi
urutan/susunannya berbeda.
Pelaksanaan: setelah siswa bersama regunya
masing-masing berbaris rapi, siswa diberi waktu selama 60 detik atau 1 menit
untuk mencocokan kosakata dengan gambar secara bergiliran atau satu persatu.
Dari regu 1 siswa yang harus maju pertama yaitu si A. Si A mengambil salah kosakata
yang ada di kotak kemudian menempelkannya disebelah gambar yang menerut mereka
tepat/sesuai dengan kosakatanya. Misal si A menempel kosakata (stove) pada
gambar kompor. kemudian kembali kebarisan yang paling belakan dan disambung
oleh siswa B, siswa B melanjutkan dengan menempel kosakata (pillow) disamping
gambar bantal dan seterusnya. Regu yang dapat mencocokkan gambar paling cepat
dan tepat ialah regu pemenangnya.
assalamualaikum wr.wb mba oliev,saya mahasiswa ut di lampung,saya boleh gak minta contoh laporan PKP nya mba oliev,saya jurusan pendidikan bahasa inggris juga....
ReplyDeleteSilahkan kak
Deleteoliev access@gmail.com
Wa 081233768803
Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com
ReplyDeleteKeunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )
Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66
Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com
bosku minat daftar langsung aja bosku^^