FAKTOR ENDOGEN DAN FAKTOR EKSOGEN
Faktor
endogen adalah faktor yang dibawa individu sejak dalam kandungan hingga
kelahiran, tidaklah heran jika seorang individu mepunyai sifat-sifat seperti
orang tuanya. Seperti kata pepatah “ buah tidak jatuh dari pohonya”, berarti
bahwa kedaan / sifat-sifat dari anak itu tidak lepas dari sifat-sifat kedua
orang tuanya tetapi seperti dikemukakan didepan bahwa faktor endogen
dipengaruhi oleh faktor eksogen.Dismping itu individu mempunyai sifat-sifat
pembawaan psikologis yang erat hubungannya dengan keadaan jasmani yaitu
tempramen.
Faktor eksogen ialah faktor yang datang dari
luar individu merupakan pengalaman-pengalamn alam sekitar,pendidikan dsb yang
sering dikemukakan milieu. Pengaruh pendidikan dan pengaruh lingkungan sekitar
sebenarnya terdapat perbedaan pada umumnya bersifat pasif dalam arti bahwa
lingkungan tidak memberi paksaan pada individu. Dengan demikian pendidikan
bersifat aktif, bertanggung jawab dan ingin mengarahkan individu ke suatu
tujuan tertentu. Walaupun pengaruh lingkungan tidak bersifat memaksa tetapi
memiliki peranan yang cukup besar dalam perkembangan individu.
DISKUSI 2
Definisi
Perkembangan Motorik,
motorik merupakan perkembangan pengendalian gerakan tubuh
melalui kegiatan yang terkoordinir antara susunan saraf, otot, otak, dan spinal
cord. Perkembangan motorik meliputi motorik kasar dan halus. Motorik kasar
adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar atau
seluruh anggota tubuh. Contohnya kemampuan duduk, menendang, berlari, naik-turun
tangga dan sebagainya.
Sedangkan motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih. Misalnya, kemampuan memindahkan benda dari tangan, mencoret-coret, menyusun balok, menggunting, menulis dan sebagainya. Kedua kemampuan tersebut sangat penting agar anak bisa berkembang dengan optimal.
Sedangkan motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih. Misalnya, kemampuan memindahkan benda dari tangan, mencoret-coret, menyusun balok, menggunting, menulis dan sebagainya. Kedua kemampuan tersebut sangat penting agar anak bisa berkembang dengan optimal.
Selain berbagai
kegiatan stimulai, hal lain yang mempengaruhi perkembangan motorik anak adalah
gizi anak. Banyak penelitian yang menerangkan tentang pengaruh gizi terhadap
kecerdasan serta perkembangan motorik kasar. Pada keadaan kurang energi dan
potein (KEP), anak menjadi tidak aktif, apatis, pasif, dan tidak mampu
berkonsentrasi. Akibatnya, anak dalam melakukan kegiatan eksplorasi lingkungan
fisik di sekitarnya hanya mampu sebentar saja dibandingkan dengan anak yang gizinya
baik, yang mampu melakukannya dalam waktu yang lebih lama. Untuk melakukan
suatu aktivitas motorik, dibutuhkan ketersediaan energi yang cukup banyak.
Tengkurap, merangkak, berdiri, berjalan, dan berlari melibatkan suatu mekanisme
yang mengeluarkan energi yang tinggi, sehingga yang menderita KEP (Kurang
Energi Protein) biasanya selalu terlambat dalam perkembangan motor milestone.
Sebagai contoh, pada anak usia muda, komposisi serat otot yang terlibat dalam
pergerakan kontraksi kurang berkembang pada anak yang kurang gizi. Keadaan ini
juga berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang sehingga terjadi pertumbuhan badan
yang terlambat.
Perkembangan
motorik anak akan lebih teroptimalkan jika lingkungan tempat tumbuh kembang
anak mendukung mereka untuk bergerak bebas. Kegiatan di luar ruangan bisa
menjadi pilihan yang terbaik karena dapat menstimulasi perkembangan otot (CRI,
1997). Jika kegiatan anak di dalam ruangan, pemaksimalan ruangan bisa dijadikan
strategi untuk menyediakan ruang gerak yang bebas bagi anak untuk berlari,
berlompat dan menggerakan seluruh tubuhnya dengan cara-cara yang tidak
terbatas.DISKUSI 3
Perkembangan
intelektual dan perkembangan bahasa pada diri anak SD seringkali diabaikan.
Mengapa demikian? Silakan didiskusikan
Perkembangan
intelektual dan perkembangan bahasa pada anak sering kali diabaikan hal ini
terjadi karena kurangnya kesadaran dari orang-orang dewasa disekitar anak
termasuk orang tua dan guru di sekolah akan pentingnya pengaruh mereka terhadap
perkembangan anak. Perkembangan bahasa sering diabaikan karena banyak orang
dewasa yang berfikir bahwa kemampuan berbahasa merupakan kemampuan bawaan yang
mana kemampuan tersebut dianggap akan dengan sendirinya tumbuh atau dimiliki
oleh anak. Sehingga orang dewasa cenderung kurang memperhatikan
perkembangan-perkembangan tersebut. Kebanyakan orang dewasa berfikir bahwa
kemampuan berbahasa akan dengan sendirinya tumbuh pada diri anak tanpa adanya
pelatihan. Padahal pada kenyataannya perkembangan bahasa dan intelektual anak
sangatlah bergantung pada lingkungan dan orang dewasa disekitar mereka. Orang
dewasa hendaknya memberikan contoh atau menjadi model yang baik bagi anak,
mengajarkan dan melatih anak berbicara dengan baik secara pelan-pelan selain
itu orang tua juga harus memberikan kritik atau pembenaran ketika anak
melakukan kesalahan dalam berbicara atau bertingkah laku. Bimbingan tersebut
baiknya dilakukan secara terus menerus dan dan konsisten sehingga anak tidak
memiliki kesulitan dalam berbicara dengan orang lain.
DISKUSI 4
faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa
anak
Keadaan Sosial Ekonomi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa
anak. Anak dari kelompok yang keadaan
social ekonominya tinggi akan lebih mudah belajar berbicara, mengungkapkan
dirinya lebih baik, dan lebih banyak berbicara ketimbang anak dari kelompok
yang keadaan social ekonominya lebih rendah. Penyebab utamanya adalah bahwa
anak dari kelompok lebih tinggi lebih banyak didorong untuk lebih berbicara dan
lebih banyak dibimbing utnuk melakukannya.
Selain itu orang tua dari anak
yang keadaan sosial ekonominya diatas rata-rata sudah tentu memiliki
pengetahuan yang lebih baik dari mereka yang keadaan ekonominya dibawah
rata-rata sehingga orang tua tersebut memiliki pengetahuan lebih baik bagaimana
mendidik anak dan menyiapkan pendidikan terbaik sejak dini untuk menstimulus
perkembangan anak termasuk dalam hal perkembangan bahasa.
Sedangkan pada anak yang
berstatus ekonomi dibawah rata-rata orang tua kurang membantu dalam mendukung
perkembangan bahasa anak. Mereka tidak mempunyai pengetahuan yang cukup
mengenai perkembangan anak dan cenderung berfikir bahwa kemampuan bahasa anak
adalah kemampuan bawaan yang akan berkembang begitu saja tanpa adanya bimbingan
khusus. Selain itu orang tua dalam kategori tersebut cenderung sibuk mencari
nafkah atau bekerja dan kurang memperhatikan anaknya. Sedangkan orang tua
dengan status ekonomi yang mumpuni ketika mereka sibuk maka mereka akan
menitipkan anaknya ke TPA atau orang yang berkompeten untuk memberikan
pelatihan-pelatihan yang dapat menstimulus perkembangan bahasa anak.
DISKUSI 7
Istilah
“kematangan”, yang dalam bahasa inggris disebut dengan maturation, yang
merupakan suatu potensi yang dibawa individu sejak lahir, timbul dan bersatu
dengan pembawaannya, serta turut mengatur tingkah laku individu. Kematangan
juga dapat berarti matangnya suatu fungsi atau potensi mental psikologis akibat
proses perkembangan karena pengalaman dan latihan. Misalnya: Balita bisa
berjalan apabila pertumbuhan fisiknya telah siap dan perkembangan mentalnya
juga telah siap. Maka akan terjadi kematangan untuk berjalan.
Adapun kaitanya dengan proses perkembangan mental psikologis kematangan untuk fisik berfungsi sebagai perquisite atau keuntungan untuk perkembangan, misalnya perkembangan bicara/ bahasa tidak mungkin terjadi dengan baik tanpa adanya/ didukung oleh pematangan alat bicara. Jadi dalam kaitanya dengan belajar, pematangan itu berfungsi sebagai pemberi atau bahan dasar untuk belajar. Dan posisi belajar dalam proses perkembangan itu sangat menentukan. Dalam hal ini belajar akan berfungsi sebagai penentu atau sebab terjadibnya perkembangan. Tanpa melalui belajar mental psikologis anak tidak mungkin akan dapat dikembangakan. Atau dengan kata lain tanpa belajar maka manusia tidak akan dapat bertingkah laku seperti manusia. Dan perkembangan pribadi manusia itu merupakan hasil perpaduan unsur kematangan dan belajar.
Sebagaimana telah diuraikan diatas bahwa kematangan itu sangat penting dalam proses perkembangan. Tanpa adanya unsur kematangan tersebut perkembangan sulit untuk di wujudkan. Dan adanya kematangan juga diperoleh dari belajar, karena dengan belajar seseorang akan lebih matang dalam bidang yang digelutinya. Kematangan dan belajar merupakan satu kesatuan yang saling mempengaruhi satu sama lainnya dalam proses perkembangan manusia. Seperti salah satu isi dari prinsip-prinsip perkembangan, yang menyatakan bahwa perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar.
Adapun kaitanya dengan proses perkembangan mental psikologis kematangan untuk fisik berfungsi sebagai perquisite atau keuntungan untuk perkembangan, misalnya perkembangan bicara/ bahasa tidak mungkin terjadi dengan baik tanpa adanya/ didukung oleh pematangan alat bicara. Jadi dalam kaitanya dengan belajar, pematangan itu berfungsi sebagai pemberi atau bahan dasar untuk belajar. Dan posisi belajar dalam proses perkembangan itu sangat menentukan. Dalam hal ini belajar akan berfungsi sebagai penentu atau sebab terjadibnya perkembangan. Tanpa melalui belajar mental psikologis anak tidak mungkin akan dapat dikembangakan. Atau dengan kata lain tanpa belajar maka manusia tidak akan dapat bertingkah laku seperti manusia. Dan perkembangan pribadi manusia itu merupakan hasil perpaduan unsur kematangan dan belajar.
Sebagaimana telah diuraikan diatas bahwa kematangan itu sangat penting dalam proses perkembangan. Tanpa adanya unsur kematangan tersebut perkembangan sulit untuk di wujudkan. Dan adanya kematangan juga diperoleh dari belajar, karena dengan belajar seseorang akan lebih matang dalam bidang yang digelutinya. Kematangan dan belajar merupakan satu kesatuan yang saling mempengaruhi satu sama lainnya dalam proses perkembangan manusia. Seperti salah satu isi dari prinsip-prinsip perkembangan, yang menyatakan bahwa perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar.
Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com
ReplyDeleteKeunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )
Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66
Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com
bosku minat daftar langsung aja bosku^^