TUGAS 1
1.
Jelaskan secara singkat bahasa pertama, bahasa
kedua, bahasa asing!
a. Bahasa pertama: yaitu bahasa yang pertama kali
dikuasai oleh seseorang. Contoh orang Indonesia yang tinggal di Pulau Jawa
bahasa pertama mereka adalah bahasa Jawa karena bahasa yang dipelajari pertama
kali adalah Bahasa Jawa.
b. Bahasa kedua: yaitu bahasa yang dimiliki
seseorang sesudah ia menguasai bahasa pertamanya, biasanya bahasa tersebut
digunakan untuk berkomunikasi berdampingan dengan bahasa pertamanya. Bahasa kedua
biasanya diperoleh dalam lingkungan sosial dimana bahasa itu digunakan. Contoh
orang Indonesia yang tinggal di Pulau Jawa bahasa kedua mereka adalah bahasa
Indonesia. Mereka mendapatkan Bahasa Indonesia dari lingkungan sekolah atau
televisi. Mereka dapat berbahasa Indonesia dengan lancar akan tetapi lebih
sering berkomunikasi menggunakan bahasa pertamanya yaitu bahasa Jawa.
c. Bahasa asing: yaitu bahasa yang diperoleh dari
lingkungan formal (pembelajaran) dimana bahasa tersebut tidak digunakan dalam
situasi rutin sehari-hari. Contoh pembelajaran Bahasa Inggris atau Bahasa
Mandarin di sekolah. mereka mempelajarinya tetapi hampir tidak pernah
mengkomunikasikannya.
2.
Jelaskan secara singkat pandangan
behaviorisme, nativisme dan kognitifisme terhadap pemerolehan bahasa pertama!
a. Pandangan Behaviorisme terhadap pemerolehan
bahasa pertama.
Menurut pandangan kaum behaviors,
bahasa adalah bagian penting dari
keseluruhan tingkah laku. Kaum behavioris ini menamakan bahasa sebagai perilaku
verbal (verbal behavior). Kaum behaviorisme menekankan pentingnya
peniruan dan menyatakan bahwa belajar bahasa melibatkan pembentukan hubungan
antara stimulus dan respons dan penguatan. Pembentukan ini melalui proses
pembiasaan (conditioning) dan pengulangan-pengulangan .
b. Pandangan Nativisme terhadap pemerolehan
bahasa pertama.
Berbeda dengan kaum behavioris kaum
nativis (native, alamiah, bawaan dari lahir) tidak menganggap penting pengaruh
dari lingkungan. Kaum nativis menyatakan bahwa pemerolehan bahasa ditentukan
secara kodrat yaitu anak lahir sudah dibekali dengan seperangkat alat yang
memungkinkannya untuk memperoleh bahasa. Dengan kata lain bahasa adalah
kemampuan manusiawi.
c. Pandangan kognitif terhadap pemerolehan bahasa
pertama.
Pandangan kognitif menganggap bahwa perkembangan bahasa berlandaskan pada
perkembangan kognitif. Perkembangan ini tergantung pada keterlibatan anak
secara aktif dengan lingkungannya. Perkembangan kognitif inipun bertahap
sehingga perkembangan keterampilan berbahasa juga bertahap sesuai dengan urutan
perkembangan kognitif.
3.
Jelaskan perbedaan antara pemerolehan
(acquisition) dan pembelajaran (learning) menurut teori pemerolehan bahasa!
a. pemerolehan adalah suatu proses yang terjadi
secara alamiah/dibawah sadar. Dalam proses ini bahasa kedua/asing yang sedang
dipelajari, diperoleh tanpa disadari sepenuhnya oleh pembelajar. Pada umumnya,
pemerolehan bahasa ini terjadi dalam kegiatan komunikasi nyata yang dilakukan
si pembelajar bahasa dalam masyarakat bahasa ditempat dia berada.
b. Pembelajaran adalah proses yang berhubungan
dengan pengetahuan formal suatu bahasa. Menurut hipotesis pembelajaran ini,
belajar bahasa adalah mengetahui tentang aturan-aturan bahasa tersebut. Proses
pembelajaran ini bersifat disadari sepenuhnya oleh si pembelajar, yaitu si
pembelajar tahu bahwa is sedang belajar bahasa dan ia akan dapat mempergunakan
pengetahuan bahasa kedua/asing tersebut bila diperlukan.
4.
Jelaskan secara singkat pengertian “hipotesis
monitor dan hipotesis masukan” dalam pemerolehan bahasa kedua!
a. Hipotesis monitor: hipotesis ini menekankan
bahwa pembelajar bahasa kedua/asing yang belajar bahasa secara sadar akan
menggunakan pengetahuannya tentang aturan-aturan tata bahasa yang diketahuinya
untuk memonitor atau mengedit kalimat yang akan diproduksinya.
b. Hipotesis masukan: hipotesis ini menyatakan
bahwa bahasa itu diperoleh bukan dipelajari. Pemerolehan bahasa didapat melalui
masukan-masukan bahasa yang dipahami oleh pembelajar. Menurut hipotesis ini
membaca pemahaman dan mendengarkan pemahaman merupakan program yang sangat
penting dalam pembelajaran bahasa.
No comments:
Post a Comment